FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2019

    1080

    Hoaks! 6 Orang Tewas Usai Aparat Hambur Tembakan di Deiyai Papua

    Kategori Berita Kementerian | mth

    Jakarta, Kominfo - Beredar sebuah berita yang mengabarkan bahwa demo lanjutan dari aksi protes  rakyat Papua di Deiyai pada tanggal 28 Agustus 2019 menelan korban. 

    Plt. Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan, kabar itu menarasikan atas aksi lanjutan tersebut, dikabarkan pihak aparat mengeluarkan tembakan yang menyebabkan 6 pendemo tewas.   

    Berkaitan dengan informasi itu, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan kabar tersebut hoaks. "Bahwa 6 orang warga Papua yang meninggal akibat tindakan represif aparat di Deiyai adalah bohong alias hoaks," kata Ferdinandus di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

    Hal tersebut kata Ferdinandus, disampaikan langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal seperti dikutip dari Detik.com. "Beliau menjelaskan bahwa, polisi tidak melakukan tindakan represif dan berlebihan pada masyarakat di Papua. Polda Papua juga akan memeriksa penyebar hoaks 6 warga Papua meninggal dunia," ucap Ferdinandus.

    Klarifikasi serupa juga disampaikan langsung dari Istana. Staf Kepresidenan Moeldoko seperti dikutip dari Pojoksatu.id mengatakan, kabar ini sengaja dihembuskan pihak tertentu untuk membangun suatu opini. 

    Moeldoko kata Ferdinandus, juga mengonfirmasi bahwa kabar 6 warga sipil yang tertembak tidak benar. Selain itu, Moeldoko juga mengonfirmasi yang menjadi korban meninggal adalah aparat keamanan.  “Justru yang meninggal dari TNI satu orang. Luka dari kepolisian dua orang,” kata Ferdinandus mengutip pernyataan Moeldoko.

    Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian tanggal 29 Agustus 2019.

    1. Pinjaman Online Melalui Whatsapp

    2. Pemberitahuan Pemadaman Listrik Wilayah Pamulang Ciputat

    3. Bank BRI Menyelenggarakan Undian Berhadiah Menggunakan Kode PIN

    4. Kawasan Wisata Tanjung Pallette Gratis Untuk Umum

    5. Di Deiyai Aparat Hambur Tembakan, 6 Orang Tewas

    6. Lowongan Kerja di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

    7. Arnold Schwarzenegger Ditolak Pemilik Hotel di California

    8. Sejumlah LSM menolak Pelantikan Joko Widodo Menjadi Presiden RI 2019-2024

    9. Bawa Lansia Tidak Terurus ke Rumah Lansia Atmabrata

    10. Anggaran Hiasan Bambu 500 Triliun Lebih Mahal daripada Biaya Pembangunan Ibu Kota Baru

    11. Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Melarang Warganya Beribadah. **

    Berita Terkait

    Hoaks Polisi Keluarkan Senjata Api di Depan Pelajar!

    Jagat maya kembali diwarnai beredarnya sebuah video hoaks. Video itu memperlihatkan seorang polisi mengeluarkan pistol (senjata api). Perist Selengkapnya

    Hoaks! Negara Vatikan Dukung Referendum Papua

    Kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat semakin kondusif usai insiden yang terjadi beberapa pekan kemarin. Namun di media sosial masih ber Selengkapnya

    Hoaks, Video Perpisahan Antara Tentara dan Warga Diklaim Terjadi di Papua

    Telah beredar konten unggahan video mengenai perpisahan tentara dengan masyarakat yang diberitakan terjadi di Papua. Menurut narasi itu, Pus Selengkapnya

    Menkominfo Dorong Anak Muda Kembangkan Gim Kepahlawanan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong anak-anak muda Indonesia membangun dan mengembangkan gim besar bertema kepahlawanan. Selengkapnya