FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 06-2023

    939

    Panji Gumilang Ditahan Aparat Kepolisian? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten video unggahan di media sosial Facebook berisi informasi pendiri Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang resmi ditahan oleh aparat kepolisian pada tanggal 25 Juni 2023.

    Konon dalam keluku atau thumbnail video terdapat foto Panji Gumilang yang dibawa oleh aparat kepolisian dan mengenakan baju tahanan berwarna oranye.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com ternyata informasi Panji Gumilang resmi ditahan aparat kepolisian tidak benar.

    Pria dalam gambar yang memakai baju tahanan bukan Panji Gumilang, melainkan salah satu terduga teroris yang ditangkap di Makassar dan Gorontalo pada tahun 2021.  Gambar tersebut diambil saat Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

    Dalam video tersebut juga tidak terdapat informasi bahwa Panji Gumilang ditahan pada 25 Juni 2023.  Sampai saat ini pihak kepolisian masih mendalami kasus dan mencari unsur pidana.

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Temuan Gudang Kotak Suara Ganda Makassar? Itu Hoaks!

    Klaim narasi yang menyatakan bahwa ditemukannya gudang kotak suara ganda di Kota Makassar untuk kecurangan Pemilu 2024 adalah keliru dan tid Selengkapnya

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA