FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
20 02-2018

45
Kemenko PMK Inisiasi Peta Jalan Pembangunan SDM
Kategori Berita Pemerintahan
Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menginisiasi penyusunan peta jalan atau road map pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan bahwa pihaknya tengah mendiskusikan road map Pembangunan SDM Indonesia dalam rapat terbatas.
Baca Lebih Lanjut

18 02-2018

89
Impor Ponsel Turun Drastis, Produksi Nasional Tembus 60 Juta Unit
Kategori Berita Pemerintahan
Industri telepon seluler (ponsel) di dalam negeri mengalami pertumbuhan jumlah produksi yang cukup pesat selama lima tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemerintah memacu pengembangan di sektor telekomunikasi dan informatika (telematika) tersebut.
Baca Lebih Lanjut

16 02-2018

75
Presiden Ingin Peluang Revolusi Industri 4.0 Dimanfaatkan Untuk Perkokoh Karakter Bangsa
Kategori Berita Pemerintahan
Kemunculan revolusi industri 4.0 ditandai dengan perkembangan cepat teknologi di seluruh dunia. Presiden Joko Widodo meminta kehadiran revolusi industri 4.0 ini dapat diantisipasi. Menurut dia, globalisasi sudah tidak terhindarkan lagi. Kompetisi antarnegara semakin ketat dan semua negara ingin jadi pemenang, termasuk Indonesia. Karena itu, ia ingin peluang revolusi industri 4.0 ini dapat dimanfaatkan untuk memperkokoh karakter bangsa. Apalagi, digitilalisasi, computing power dan data analytic telah melahirkan terobosan-terobosan yang mengejutkan di berbagai bidang, yang mengganggu kehidupan masyarakat. "Bahkan men-disrupsi peradaban kita. Yang mengubah lanskap ekonomi global, nasional, dan daerah serta laskap politik global, nasional dan daerah. Lanskap interaksi global, nasional, dan daerah. Semuanya akan berubah," ujar Jokowi pada peresmian pembukaan Konvensi Kampus XIV dan temu tahunan XX Forum Rektor Indonesia tahun 2018 di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis, 15 Februari 2018. Ia mengakui revolusi industri 4.0 ini membawa beberapa dampak negatif. Media sosial menjadi pembawa berita bohong, hingga pergeseran model-model bisnis yang mengakibatkan beberapa jenis pekerjaan tidak lagi dibutuhkan. Ia mengakui revolusi industri 4.0 ini membawa beberapa dampak negatif. Media sosial menjadi pembawa berita bohong, hingga pergeseran model-model bisnis yang mengakibatkan beberapa jenis pekerjaan tidak lagi dibutuhkan. "Namun juga banyak kesempatan positif yang bisa kita pakai untuk menjadikan sebagai pemenang. Apabila kita bisa memanfaatkan peluang-peluang ini," kata dia. Teknologi cyber physical, misalnya ditandai dengan munculnya autonomous vehicle atau mobil tanpa awak. three d printing, yang bisa membuat barang secara sempurna dengan cara yang cepat dan murah. Adapula, advanced robotic yang bisa mengambil alih peran manusia. Kemudian, internet of things, big data, artificial intellegence dan virtual reality yang terus berkembang. Hal itu mulai diaplikasikan dalam block chain dan crypto currency yaitu mata uang tanpa bank sentral, yang saat ini diperebutkan banyak orang.
Baca Lebih Lanjut

16 02-2018

70
Jelang AG 18, Kementerian PUPR Terus Lengkapi dan Perbaiki Fasilitas Wisma Atlet Kemayoran
Kategori Berita Pemerintahan
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan meski telah digunakan, wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, masih akan mengalami perbaikan sebelum Asian Games 2018. Menteri Basuki terlihat mencatat beberapa kerusakan pada fasilitas di Wisma saat meninjau wisma bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. "Ini gunanya test event (pemansan Asian Games 2018)," kata Basuki. Menurut Basuki, kerusakan itu misalnya ada sedikit kebocoran di lantai lima salah satu tower wisma atlet. Wisma itu sedang ditempati oleh para atlet dari 19 negara. Basuki juga menyatakan perlunya perluasan lokasi parkir bus atlet. Ia berencana membongkar parkiran bus dan memperbaikinya. "Kalau 5 ribu atlet dan (kapasitas) satu bus cuma 50 orang, berarti berapa bus tiap hari di sini," ujar Basuki. Tak hanya itu, ada juga keluhan kamar atlet yang belum terpasang gorden. Basuki mengaku ada miskomunikasi dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc). Jogging track dan konblok pun perlu dibongkar agar tampak lebih rapi. Tes event digelar untuk menguji kesiapan arena dan panitia. Turnamen menjelang Asian Games 2018 ini berlangsung dari Kamis, 8 Februari hingga Kamis, 15 Februari 2018. Delapan cabang olahraga akan dipertandingkan di turnamen yang digelar di Jakarta ini. Selama test event maupun penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, tiap atlet memang diwajibkan menetap di Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.
Baca Lebih Lanjut

16 02-2018

81
Presiden Tegaskan Perlunya Deregulasi dan Debirokratisasi untuk Dukung Perguruan Tinggi
Kategori Berita Pemerintahan
Saat ini tidak ada pilihan lain bahwa kita untuk harus cepat berbenah, bekerja secara cepat dan efisien, berani melakukan perubahan besar dan terus melakukan inovasi. Bahkan tanpa adanya kompetisi maka budaya yang berkembang adalah budaya yang lamban dan tidak inovatif karena tidak ada kompetitor. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Konvensi Kampus XIV dan Temu Tahunan XX Forum Rektor Indonesia Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Kamis 15 Februari 2018. Presiden teringat ketika dirinya masih duduk di bangku SMP, bank milik pemerintah tutup pada pukul 13 karena tidak adanya bank pesaing. Tapi setelah muncul bank-bank swasta, bank-bank pemerintah langsung berbenah diri dan tetap memenangkan kompetisi. "Ternyata alhamdulillah keuntungan terbesar ada di BRI bukan bank swasta, bukan bank asing. Artinya bank pemerintah bisa berkompetisi dengan bank asing ataupun bank swasta," ujar Presiden. Di bidang perguruan tinggi, Presiden telah menerima usulan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir. "Pak, ini perguruan tinggi kalau enggak berubah kita kasih kompetisi dengan universitas asing,” ucap Presiden menyampaikan usulan Menristekdikti. Namun Presiden tidak lantas menyetujuinya dan meminta Menristekdikti berbicara dengan semua rektor, baik negeri maupun swasta.
Baca Lebih Lanjut