FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2019

    403

    [HOAKS] Di Deiyai Aparat Hambur Tembakan, 6 Orang Tewas

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Beredar sebuah berita yang mengabarkan bahwa demo lanjutan dari aksi protes terhadap rasisme kepada rakyat Papua di Deiyai pada tanggal 28 Agustus 2019 menelan korban. Dikabarkan bahwa pihak aparat mengeluarkan tembakan yang menyebabkan 6 orang pendemo tewas. 

    Terkait informasi ini, Polri memastikan kabar bahwa 6 orang warga Papua yang meninggal akibat tindakan represif aparat di Deiyai adalah bohong alias hoaks. Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal seperti dikutip dari Detik.com menjelaskan bahwa polisi tidak melakukan tindakan represif dan berlebihan pada masyarakat di Papua. Iqbal juga menyatakan bahwa Polda Papua akan memeriksa penyebar hoaks 6 warga Papua meninggal dunia. Staf Kepresidenan Moeldoko seperti dikutip dari Pojoksatu.id menyatakan bahwa kabar ini sengaja dihembuskan pihak tertentu untuk membangun suatu opini. Moeldoko juga mengonfirmasi bahwa kabar 6 warga sipil yang tertembak tidak benar. Selain itu Moeldoko juga mengonfirmasi bahwa yang menjadi korban meninggal adalah aparat keamanan. “Justru yang meninggal dari TNI satu orang. Luka dari kepolisian dua orang,” tegas Moeldoko.

    Link Counter :

    https://news.detik.com/berita/d-4684792/polri-kabar-6-warga-papua-tewas-akibat-tindakan-represif-aparat-hoax

    https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2019/08/28/kerusuhan-deiyai-moeldoko-sebut-ada-pihak-sedang-bangun-opini-di-luar-negeri-soal-papua/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Garam Dapur Bisa Atasi Batuk dan Bunuh Virus Corona

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Jolotundo Telah Dibuka

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kewajiban Penggunaan Aplikasi Pelacakan Kontak Virus Corona di Selandia Baru

    Selengkapnya

    [HOAKS] Puasa Ramadhan Harus Diulang

    Selengkapnya