FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 12-2018

    1021

    Layanan Komunikasi Usai Tsunami Selat Sunda Pulih 99 Persen

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Layanan telekomunikasi pascabencana tsunami di Selat Sunda yang melanda Banten dan Lampung Selatan sudah pulih 99,1 persen. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad M. Ramli menyatakan saat ini layanan telekomunikasi telah pulih 99,1 persen, tinggal 0,9 persen BTS yang masih terganggu.

    "Ada 0,9 persen BTS yang masih terganggu operasinya. Namun demikian, akses telekomunikasi di lokasi yang BTS-nya down dapat dicover oleh mobile BTS dan sistem recovery pada saat awal terjadinya bencana," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (26/12). 

    Ramli menjelaskan layanan telekomunikasi sempat mengalami gangguan akibat tidak adanya pasokan jaringan listrik untuk sejumlah Base Transceiver Station (BTS) di wilayah terdampak. 

    "Saat ini sebanyak 4.687 BTS dari total 4.731 BTS yang ada di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lampung Selatan sudah dapat beroperasi untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi warga," papar Ramli. 

    Dia menyatakan operator seluler terus melakukan langkah konstruktif termasuk penyediaan genset untuk menambah daya BTS. Sedangkan untuk BTS yang belum pulih aliran listrik, Kominfo meminta agar operator seluler mengerahkan BTS combat dan mobile genset sebagai cadangan sehingga layanan telekomunikasi bisa pulih kembali. 

    "Kami akan terus melakukan monitoring terhadap progres BTS yang dalam status down dan melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan seluler (Quality of Service/QoS)," tambah Ramli. 

    Sebelumnya, gelombang tinggi yang dipicu hujan lebat dan angin kencang membuat kawasan perairan Selat Sunda diterjang tsunami pada Sabtu (22/12) malam. Korban tewas, luka dan hilang tercatat terus bertambah di pesisir Banten dan Lampung.

    Sumber berita: www.cnnindonesia.com (26/12/2018)

    Pewarta: Hesti Rika

    Berita Terkait

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Yayasan BAKTI Kominfo Salurkan Bantuan Paket Data kepada Korban Banjir

    Yayasan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indonesia memberikan sejum Selengkapnya

    Kominfo Fokus Digitalisasi Nasional Selama Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI akan lebih berfokus pada visi Digitalisasi Nasional di masa pandemi virus corona baru (C Selengkapnya

    Kolaborasi Telekomunikasi Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian

    Asosiasi Global System for Mobile Communications (GSMA), Proyek Telekomunikasi Infra (TIP/Telecom Infra Project), Universitas Telkom dan par Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA