FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 08-2020

    1369

    Kominfo Fokus Digitalisasi Nasional Selama Pandemi

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Internet. Ilustrasi - (Foto: Foxnews )

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI akan lebih berfokus pada visi Digitalisasi Nasional di masa pandemi virus corona baru (COVID-19). Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo RI, Widodo Muktiyo melalui siaran virtual bertajuk Budaya Baru, Agar Pandemi Berlalu, Rabu (12/8).

    Visi Digitalisasi Nasional ini, lanjut dia, terbagi ke tiga poin penting. "Presiden sudah menugaskan Menkominfo dan jajarannya untuk mengembangkan model kerja; pertama, melengkapi infrastruktur telekomunikasi dan penyediaan akses internet 4G," kata Widodo.

    Selanjutnya adalah adanya Pusat Data Nasional, serta pembangunan ekosistem digital. Pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan penyediaan akses internet 4G hingga ke daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Terpencil) adalah salah satu hal prioritas Kementerian Kominfo.

    Widodo mengatakan, pihaknya akan lebih gencar dalam hal penggelaran fiber optik, BTS, sprektrum frekuensi radio, akses internet, dan satelit. Dengan ini, ia berharap seluruh desa di Tanah Air bisa segera menikmati akses internet dengan merata.

    Pembangunan Pusat Data Nasional juga akan menjadi fokus Kementerian Kominfo. Hal ini diperlukan agar dapat terintegrasi untuk mewujudkkan Satu Data Nasional sebagai tulang punggung penyediaan layanan publik secara digital.

    "Penyediaan layanan publik secara digital dan mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagaimana diamanatkan dalam Perpres No. 95 Tahun 2018," ujar Widodo.

    Selain itu, pembangunan ekosistem digital juga dinilai Kominfo penting, karena di dalamnya meliputi penyiapan SDM/talenta digital, start-up digital, dan melakukan adopsi teknologi digital di sektor-sektor strategis seperti UMKM, pertanian, kesehatan, pendidikan, hingga pariwisata.

    Widodo berharap Kominfo terus memberikan informasi dan publikasi penting bagi masyarakat agar dapat menyikapi pandemi dengan optimisme, diiringi dengan semangat gotong royong serta disiplin melakukan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

    "Terutama di bulan Agustus ini, tentunya kita semua ingin merayakan Hari Kemerdekaan, tapi jangan sampai lupa kalau kita masih di masa pandemi. Kami berharap bisa terus menyampaikan optimisme di HUT RI," ucap dia.

     

    Link : https://republika.co.id/berita/qey4yp368/kominfo-fokus-digitalisasi-nasional-selama-pandemi

    Sumber : republika.co.id

    Pewarta :  Dwi Murdaningsih


    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA