FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 10-2018

    733

    Menteri KKP dan Menlu Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Kuta

    Kategori Our Ocean 2018 | mth

    Badung, Kominfo - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastut bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membersihkan sampah di Pantai Kuta Badung Bali dalam rangka menyambut pelaksanaan even Our Ocean Conference (OOC) 2018 sekaligus meperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Minggu (28/10/2018). Menurut Menlu Retno, semangat persatuan dan kerja sama dari Sumpah Pemuda  akan dibawa dalam OOC 2018.

    Keduanya tidak canggung membawa goni sembari memungut serpihan plastik di pasir. "Ini walk the talk. Mungkin apa yang kami lakukan pagi ini kontribusinya kecil, tapi menginspirasi," kata Retno di Pantai Kuta.

    Kegiatan ini dianggap Retno sebagai bagian dari upaya mengingatkan masyarat soal pentingnya menjaga kebersihan pantai dan laut. "Laut bukan tong sampah besar," ujarnya.

    Sedangkan Menteri KKP Susi menyebut, masalah yang ada di laut akan dibahas dalam OOC 2018. Termasuk masalah plastik di laut. "Kami mau protect laut dari sampah kita," ujar Susi.

    Menteri KKP menyatakan, saat ini, Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua setelah China. Jika tidak mengubah perilaku dalam penggunaan plastik, dalam belasan tahun, nelayan akan berkurang hasil tangkapannya.  "Nanti 2030, nelayan kita menangkap ikan tapi yang didapat plastik," tuturnya. 

    Tidak hanya membersihkan laut kedua menteri tersebut melepas tukik di Pantai Kuta, Badung, Bali. Pelepasan anak penyu itu merupakan bagian dari pre-event Our Ocean Conference (OOC) yang akan berlangsung pada 29 dan 30 Oktober 2018. Pelepasan tukik juga diikuti Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmis Kristensen, dan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Vegard Kaale. Komunitas Bank Sampah Sekolah Bali dan sejumlah pelajar turut hadir dalam acara ini.

    Berita Terkait

    Menteri KKP Minta Peserta OOC 2018 Pegang Komitmen Lestarikan Laut

    Konferensi kelautan tingkat dunia, atau Our Ocean Conference 2018, yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali resmi ditutup, Selasa (30/10/2018) so Selengkapnya

    Bank Dunia Dukung Penanganan Sampah di Laut

    Wakil Presiden Bank Dunia Bidang Pembangunan Berkelanjutan Laura Tuck mengatakan pihaknya akan terus mendukung masyarakat internasional dala Selengkapnya

    Menteri KP Ajak Masyarakat Dunia Hentikan Illegal Fishing

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat dunia untuk menghentikan kegiatan illegal fishing melalui kebijakan di n Selengkapnya

    Menteri KP Harapkan Peserta Penuhi Komitmen

    Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengharapkan peserta Our Ocean Conference (OOC) dapat memenuhi komitmen tentang menjag Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA