FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 12-2017

    1558

    Strategi Kominfo 2018: 1000 Startup Digital & 8 juta UMKM Go Online. Anda Jadi Bagian?

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa
    Pembukaan rapat kerja teknis nasional bidang komunikasi dan informatika di hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Senin(4/12/2017).

    TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menetapkan sejumlah rencana besar menghadapi tantangan 2018 di tengah fenomena perkembangan tekhnologi informasi yang kini berhasil menciptakan revolusi digital diseluruh sendi kehidupan masyarakat dunia.

    Di pimpin langsung Menteri Kominfo RI, Rudiantara, seluruh stakholder, mulai dari pejabat kementerian kominfo, hingga seluruh perwakilan dinas kominfo propinsi dan kabupaten kota se Indonesia berkumpul membangun dan merancang sejumlah kebijakan dan strategi sinergitas antara pusat dan daerah menuju smart-nation.

    Di antaranya integrasi Egovernment  nasional 2018-2019 serta pengelolaan informasi dan komunikasi publik.

    "Dunia berubah sangat cepat, termasuk cara kita mengelola informasi. Tidak perlu membuat banyak program jika tidak bisa fokus. yang terpenting tepat sasaran sesuai kebutuhan publik saat ini" ujar Rudiantara saat membuka rapat kerja teknis nasional bidang komunikasi dan informatika di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Senin (4/12/2017).

    Rakernis ini dijadwalkan berlangsung tiga hari dengan tema membangun sinergi tata kelola informasi dan komunikasi.

    Dalam rapat ini, sejumlah rencana strategis kementerian kominfo tahun 2018-2019 dipaparkan.

    Di antaranya pembangunan sistem penanganan konten negatif, mewujudkan 1000 startup digital, menciptakan 8 juta UMKM go online, masterplan, blueprint dan arsitektur e-gov Sivion, sertifikat digital, framwork cyber security sektor strategis, implementasi roadmap e-commerce, government public relation, literasi media, penelitian dampak ICT, serta pengembangan SDM bidang komunikasi dan informatika.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti mengulas sejumlah program sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

    Di antaranya pertukaran informasi melalui infopublik, request pembuatan konten melalui program Indonesia Baik, pengiriman data dan informasi melalui program SIKP dan Alfresco, penyediaan kanal lintas daerah, otomasi diseminasi informasi berbasis website melalui GPR widget. 

    Selain itu, ditahun 2018, Dirjen IKP juga menyiapkan sejumlah program pemberdayaan, yakni pemberdayaan Blogger dan Vlogger sebagai mitra pemerintah dalam membangun jejaring diseminasi dan melawan Hoax, pembinaan kelompok Informasi Masyarakat, pemberdayaan pranata humas, termasuk membangun satgas  medsos melalui sinergi dan utilisasi media.

    Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan grand desain memasuki 2018, yakni palapa Ring, DC nasional, aplikasi generik, govt secure network, program satu data, redaksi tunggal, serta portal nasional.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismail Hajiali merespon baik model sinergitas pemerintah pusat dan Pemda yang di susun oleh kementerian  Kominfo RI.

    Ismail Hajiali mengulas sejumlah program strategis dinas kominfo Kota Makassar menghadapi 2018, diantaranya membangun kerjasama dengan SKPD terkait penyediaan dan integrasi aplikasi layanan kedalam satu sistem yang di kelola di Makassar War Room, infrastruktur jaringan komunikasi, sistem keamanan informasi, literasi media, pembinaan startup, digitalisasi data.

    Termasuk peningkatan sistem dan konten informasi dan komunikasi publik demi mendukung Makassar Sombere' & smart city.(*)

    Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2017/12/05/strategi-kominfo-2018-1000-startup-digital-8-juta-umkm-go-online-anda-jadi-bagian?page=2

    Berita Terkait

    Lestarikan Sejarah, Kemenkominfo akan Digitalisasi Aksara Jawa

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana melakukan digitalisasi aksara Jawa. Tujuanya, agar peninggalan sejarah berup Selengkapnya

    Kominfo Sediakan Situs Pusat Data UMKM Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat sebuah layanan digital yang menindak lanjuti Gerakan Nasional Bangga Buatan Indones Selengkapnya

    Menteri Kominfo: Percepatan Digitaliasi Jadi Fokus 2021

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memaparkan percepatan digitalisasi nasional akan menjadi fokus dari rencana kerja dan angga Selengkapnya

    Lawan Corona, Kominfo Apresiasi Platform Digital Karya Anak Bangsa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi langkah platform digital dalam membantu Pemerintah menangani pandemi virus Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA