FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2020

    558

    Lestarikan Sejarah, Kemenkominfo akan Digitalisasi Aksara Jawa

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Menteri Kominfo Johnny G Plate berdiskusi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X - (IST)

    YOGYAKARTA, iNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana melakukan digitalisasi aksara Jawa. Tujuanya, agar peninggalan sejarah berupa prasasti bisa dimengerti generasi yang akan datang.

    “Tadi dalam diskusi kita sampaikan rencana bersama membuat digitalisasi aksara Jawa,” kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Jumat (16/10/2020).

    Digitalisasi aksara Jawa ini dirasakan penting, karena banyak peninggalan dan prasasti yang menggunakan tulisan Jawa. Benda-benda ini memiliki nilai budaya yang tinggi dan luhur, sehingga harus dilestarikan. Ini perlu dilakukan agar generasi saat ini dan yang akan datang mengerti dan bisa melestarikannya.

    “Selambat-lambatnya akan kita realisasikan pada akhir tahun nanti,” katanya.

    Johnny mengatakan, dalam pertemuan dengan Sultan Hamengkubuwono X juga membahas rencana menyiapkan SDM digital atau SDM talent. Yogyakarta akan dipilih menjadi pusat pengembangan SDM digital. Salah satunya dalam melanjutkan Sekolah Tinggi Multi Media MMTC yang ada di Yogyakarta.

    “Sultan sangat mendukung dan menawarkan beberapa fasilitas yang dimiliki daerah,” katanya.

    Kementerian Kominfo juga akan mengembangan infrastruktur teknologi informasi di DIY. Ada beberapa spot yang akan diselsaikan sampai akhir tahun nanti. Pemerintah akan menyediakan akses internet untuk masyarakat di daerah pinggiran, sehingga selama masa pandemi Covid-19 anak-anak bisa tetap belajar.

    Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan digitalisasi aksara Jawa ini pernah diusulkan. Hal ini senada dengan usulan dari provinsi lain, dan dirasakan sangat diperlukan. Aksara Jawa merupakan bahasa ibu yang tidak boleh kalah dengan Bahasa Indonesia.

    “Aksara Jawa tetap harus dipahami oleh masyarakat,” katanya.

    Pewarta: Kuntadi

    Sumber: https://yogya.inews.id/berita/lestarikan-sejarah-kemenkominfo-akan-digitalisasi-aksara-jawa

    Berita Terkait

    Percepat Pemulihan Ekonomi, Menkominfo Dorong Kemitraan Multipihak

    Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perekonomian di banyak belahan dunia. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untu Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA