FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2020

    603

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Kategori Sorotan Media | meit001

    JAKARTA, investor.id – Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen mempercepat realisasi transformasi digital dari sebelumnya yang diagendakan 10 tahun menjadi 2-3 tahun. Tugas ini diamanahkan Presiden kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti memaparkan, terkait tanggung jawab ini Kominfo telah menggagas setidaknya 5 upaya yaitu: Menyiapkan Roadmap Transformasi Digital, Mengintegrasikan Pusat Data Nasional, Menyiapkan Kebutuhan Sumber Daya Manusia dan Talenta Digital serta Menyiapkan Regulasi yang dibutuhkan.

    “Meski begitu upaya mempercepat transformasi digital, Kominfo tidak bisa jalan sendiri. Harus melibatkan dan menggandeng partisipasi pihak swasta termasuk perusahaan telekomunikasi untuk perluasan infrastruktur internet,” paparnya dalam Webinar Indonesia Digital Conference 2020 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Selasa (15/12/2020).

    Adapun untuk persiapan roadmap transformasi digital, dikatakannya konsep yang disusun tidak hanya terbatas untuk kepentingan egovernance tetapi juga menyangkut kepentingan dan kebutuhan sektor publik, swasta, sosial, perdagangan, industri serta penyiaran.

    “Terkait raadmap, kami sudah melakukan FDG dengan kementerian/lembaga pemerintah lainnya, termasuk juga perusahaan swasta, lalu bidang pendidikan, kesehatan, sosial, e-commerce dan sebagainya. Sehingga roadmap digital ini akan sangat komprehensif agar pengembangan digitalisasi antara satu bidang dengan bidang lain bisa terintegrasi,” urainya.

    Untuk integrasi pusat data nasional, tahap awal pemerintah akan menyiapkan sebuah gedung khusus. Menurutnya data merupakan aset terbesar yang punya nilai ekonomi luar biasa. “Data yang dikoleksi dan diorganisasikan akan menjadi informasi kemudian menjadi pengetahuan dan kearifan,” tandasnya.

    Sementara urusan regulasi, Kominfo berkomitmen untuk mempermudah perizinan bagi para pelaku usaha dalam rangka mendukung pengembangan industri di berbagai sektor telekomunikasi maupun digitalisasi. Selain itu dari sisi pengaturan, Kominfo akan menyesuaikan aturan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi maupun perkembangan global.

    Selain Niken, Sesi II Webinar Indonesia Digital Conference 2020 dengan tema Regulasi & Infrastruktur Digital menghadirkan Senior Manager Infrastructure, Research & Standarization PT Telkom Indonesia Tbk, Hazim Ahmadi dan Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet, Jamalul Izza.

    Dalam kesempatan ini Hazim menyampaikan komitmen Telkom untuk terus mengembangan jaringan internet ke seluruh Indonesia, termasuk daerah 3T. Selain itu Telkom akan berupaya mempercepat implementasi layanan 5G, mengakselerasi digital platform dengan mengembangkan layanan data center & cloud serta produk-produk digital services lainnya baik dengan membangun sendiri maupun lewat akuisisi.

    Pewarta : Mashud Toarik

    Link:https://investor.id/business/targetkan-transformasi-digital-dalam-3-tahun-kominfo-gagas-5-langkah

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Kominfo Ajak Difabel Wujudkan Transformasi Digital Inklusif

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional untuk di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA