FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 07-2020

    2507

    Kominfo Sediakan Situs Pusat Data UMKM Indonesia

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Tampilan awal situs Lakumkm.id yang menjadi portal semua ecommerce bagi UMKM sekaligus basis data valid pemerintah. - (medcom.id)

    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat sebuah layanan digital yang menindak lanjuti Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.
     
    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengumumkan peluncuran situs bernama Lakumkm.id. Di sini akan disediakan pusat data valid dan statistik terkait UMKM di Tanah Air.
     
    "Kita sekarang ini membuat suatu portal, yang nantinya akan menjadi aplikasi yang bisa membantu UMKM, terutama dalam binaan kementerian UMKM, binaan dari Kominfo itu bisa memiliki tools, di mana dia bisa mempunyai sistem inventory," tutur Semuel.
    Lakumkm.id hadir dengan layanan berbasis web yang diklaim memudahkan UMKM untuk mengatur penjualan di berbagai platform ecommerce. Rencananya layanan ini juga akan hadir dalam bentuk aplikasi mobile namun Semuel tidak memberikan tanggal pasti ketersediaan aplikasi tersebut.
     
    "Mereka (pelaku UMKM) juga bisa menjadikan aplikasi ini sebagai landing page-nya, kan teman-teman pasti ingin berjualan di berbagai platform. Jadi punya satu aplikasi itu bisa berjualan langsung diberbagai platform," jelas Semuel.
     
    "Jadi kita akan membuat aplikasi ini menjadi direktori daripada produk produk yang ada di Indonesia khususnya produk buatan Indonesia. Jadi nanti ada pendaftarannya, dilengkapi profile-nya," tambahnya.
     
    Data yang terkumpul di dalam Lakumkm.id akan tersusun menjadi sebuah basis data UMKM yang ada di Indonesia. Misalnya, identitas, lokasi, produknya, dan dijual di mana saja. Jadi pemerintah bisa memiliki statistik yang valid dan real-time sehingga bisa menganalisa apa yang yang harus dibantu dan ditingkatkan terutama dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat.
    Reporter: Cahyandaru Kuncorojati 
    Sumber: medcom.id

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA