FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 04-2017

1795

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers Meeting

SIARAN PERS NO. 42/HM/KOMINFO/04/2017
Kategori Siaran Pers

SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

SIARAN PERS NO.42/HM/KOMINFO/04/2017

Tentang

Rudiantara Sedang Memimpin Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers Meeting

Menteri Kominfo Rudiantara saat ini memimpin delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers Meeting di Dusseldorf, Jerman tanggal 6-7 April 2017 yang mengambil tema "Policies for a Digital Future". Kehadiran Rudiantara di Dusseldorf juga diiringi dengan serangkaian pertemuan bilateral dengan beberapa pejabat setingkat menteri bidang ICT dan Digital Economy dari negara-negara G20.

Delegasi Indonesia dalam G20 Digital Ministers Meeting membawa proposal bagaimana menangani ketimpangan distribusi kekayaan yang terjadi di negara-negara G20 dengan pemanfaatan digitalisasi yang dapat mengangkat kembali ekonomi kerakyatan dengan model bisnis yang inovatif melalui sharing economy, financial inclusion, dan workforce digitalisation untuk mengurangi kesenjangan distribusi kesejahteraan, di mana Indonesai memiliki pengalaman dalam hal ini.   

Saat ini para menteri delegasi dari negara-negara G20 sedang melakukan pembahasan untuk menghasilkan ministerial declaration. Delegasi Indonesia berhasil memasukan dua poin dalam Roadmap sebagai Annex 1 Minister Declaration. Kedua poin tersebut selaras dengan inisiatif yang didorong dalam Ministerial Declaration, yaitu:

a. Encourage G20 countries to foster the incubation, development and rapid adoption of various digital economy business models, as enablers for the sharing economy, workforce digitalisation, and financial inclusion, which had been proven to be practical, effective and scalable for addressing the need for reducing wealth and income disparity.

b. Further discuss on innovative digital economy business models and frameworks as enablers for the sharing economy, workforce digitalisation and financial inclusion.

Di sela-sela G20 Ministers Meeting, Rudiantara melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa Menteri ICT dan Digital Ekonomi dari negara-negara G20.

Pertama, pertemuan bilateral Rudiantara dengan Secretary for Informatics Policy, Brasil, Maximiliano Martinhao pada tanggal 5 April 2017. Rudiantara menyampaikan fokusnya pada G20 ini yang menekankan pentingnya menangani ketimpangan distribusi kekayaan yang terjadi di negara-negara G20 dengan pemanfaatan digitalisasi dengan model bisnis yang inovatif. Rudiantara memaparkan Indonesia memiliki pengalaman mendukung berjalannya platform dengan solusi digitalisasi melalui digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti Tokopedia dan Bukalapak yang terbukti memberi peningkatan pendapatan. Selain itu Workforce digitalization telah memberikan kesempatan bagi siapa saja, termasuk perorangan, untuk memulai kesempatan usaha atau memiliki usaha sendiri. Hal ini salah satunya ditunjang berkat keberhasilan dari layanan transportasi yang memanfaatkan sistem manajemen pemesanan daring seperti Gojek.

Menyambung dengan itu, Secretary of Informatics Policy, Brasil, menyatakan ketertarikannya terhadap layanan transportasi Gojek. “Brazil knows Gojek from a public news in Brazil. They really interesting how Gojek works for the digitalisation issues” ujar Max.

Menkominfo juga melakukan bilateral meeting dengan Deputy of Minister Telecom and Mass Communications, Russia, Rashid Ismailov pada tanggal 6 April 2017 di Dusseldorf Jerman. Pertemuan bilateral itu untuk membicarakan proposal inisiatif kerjasama yang diajukan Rusia terkait Free Roaming antara Rusia-Indonesia, Memorandum of Understanding (MoU) bidang Media.

Bilateral lainnya telah dilakukan yaitu dengan negara Argentina, Afrika Selatan, India, Sekjen ITU, dan China.

 

Jakarta, 7 April 2017

Plt. Kepala Biro Humas

Noor Iza

Berita Terkait

Siaran Pers No. 199/HM/KOMINFO/10/2017 tentang 897 Peserta Ikuti Born to Protect di Kota Malang

Indonesia kini kekurangan bakat Cyber Security dan itu menimbulkan masalah yang sangat nyata dalam industri strategis, pertahanan, kesatuan Selengkapnya

Siaran Pers No.198/HM/KOMINFO/10/2017 tentang Antisipasi Ancaman KRACKs pada Perangkat yang Terhubung ke Internet melalui WiFi

KRACKs dapat mendekripsi data di segala jenis perangkat yang terhubung ke internet melalui WiFi (wireless fidelity). Tindakan preventif yang Selengkapnya

Siaran Pers No.197/HM/KOMINFO/10/2017 tentang Penetapan Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz Tahun 2017 Untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler

Merujuk Pengumuman Hasil Seleksi Untuk Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz dan Pengumuman Jadwal Penyerahan Dokumen Permohonan Untuk Pita Frekuensi Selengkapnya

Siaran Pers No. 196/HM/KOMINFO/10/2017 tentang Registrasi Kartu SIM Seluler Tidak Perlu Nama Ibu Kandung

Menunjuk Peraturan Menkominfo No 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelang Selengkapnya

comments powered by Disqus