FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2024

    251

    Bertemu Menteri Papua Nugini, Menkominfo Jajaki Kerja Sama Sektor TIK

    SIARAN PERS NO. 294/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 294/HM/KOMINFO/04/2024

    Kamis, 25 April 2024

    tentang 

    Bertemu Menteri Papua Nugini, Menkominfo Jajaki Kerja Sama Sektor TIK 

    Menteri Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Papua Nugini Timothy Masiu. Dalam pertemuan itu, Menteri Budi Arie menjajaki peluang kerja sama sektor TIK antarkedua negara.

    “Saya sangat berharap pertemuan ini akan memfasilitasi pertukaran pandangan yang bermanfaat demi pemahaman yang lebih baik, serta memberikan manfaat kolaborasi antarkedua negara,” ungkapnya saat menerima Delegasi Papua Nugini di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (25/04/2024).

    Menurut Menkominfo, TIK merupakan aspek fundamental yang memungkinkan perkembangan segala sektor di era digital. 

    “Sektor digital dapat meningkatkan lebih dari lima puluh persen PDB global dan mengalami pertumbuhan sekitar 2,10 persen lebih cepat dibandingkan sektor non-digital,” ujarnya.

    Menteri Budi Arie juga mengungkap peluang pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat sebesar 6,2 persen tiap tahun dan  berkontribusi terhadap 20,5 persen PDB Indonesia pada Tahun 2045.

    “Proyeksi ini dimungkinkan dengan upaya percepatan transformasi digital yang mendorong terjadinya kenaikkan pertumbuhan perekonomian,” ungkapnya.

    Menkominfo membuka peluang kolaborasi untuk transformasi digital agar memungkinkan percepatan adaptasi dan pencapaian kesejahteraan saat ini dalam lanskap digital.

    “Upaya membawa transformasi digital di setiap negara untuk berkobarasi sangatlah memungkinkan. Dan kami membuka potensi untuk berkolaborasi soal spektrum frekuensi, penyiaran, juga ekonomi digital untuk memajukan UMKM dan Startup,” tuturnya.

    Menteri Budi Arie mengharapkan kolaborasi sektor TIK antara Indonesia dan Papua Nugini akan segera terwujud. 

    “Untuk memajukan inklusivitas dan kemakmuran yang tepat bagi bangsa kita masing-masing. Kami akan mengeksplorasi peluang kolaborasi kita di masa mendatang,” ungkapnya.

    Dalam pertemuan itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Wamenkominfo Nezar Patria, Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, dan Dirjen SDPPI Ismail. Sementara Menteri TIK Papua Nugini didampingi CEO of National ICT Authority (NICTA) Kila Gulo Vui, Board Chairman of NICTA Noel Mobiha, Managing Director of National Broadcasting Corporation (NBC) Kora Nou, dan Deputy Secretary of Department of ICT Flieri Shongol.

     

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 359/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Presiden Arahkan Satgas Judi Online Tunjukkan Kerja Nyata

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Presiden Joko Widodo menekankan agar hasil kerja satuan tugas konkret dan berdampak kepada masyaraka Selengkapnya

    Siaran Pers No. 355/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Lewat Peringatan ke-116 Harkitnas, Tatap Masa Depan dengan Optimisme

    Indonesia telah memiliki modal berupa bonus demografi dan tingkat penetrasi internet yang tinggi yaitu mencapai 79,5 persen dari total popul Selengkapnya

    Siaran Pers No. 354/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Indonesia dan Filandia Jajaki Kerja Sama Digitalisasi

    Menurut Menkominfo, kolaborasi dengan Finlandia merupakan pilihan tepat dalam mendukung perkembangan teknologi di Indonesia ke depan. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 353/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Kebangkitan Menuju Indonesia Emas 2045, Penguasaan Teknologi Jadi Keniscayaan

    Perkembangan teknologi digital telah berkembang pesat melebihi bayangan banyak orang dalam tiga dekade terakhir. Menurutnya, kemajuan teknol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA