FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 10-2016

    7281

    Revolusi Mental Menuju Bangsa Maju dan Beradab

    Kategori Kerja Nyata | mth

    "Mengubah perilaku, kan? Yang tadinya malas jadi rajin, gak korupsi, PNS gak bolos.” Itulah ungkapan polos Ridwansyah (30), seorang supir taksi, ketika ditanya tentang apa itu revolusi mental. Bagi masyarakat kebanyakan, revolusi mental dipandang sebagai gerakan untuk mengubah perilaku buruk para pemangku jabatan pemerintahan ke arah yang lebih baik.

    Namun sejatinya, cakupan revolusi mental jauh lebih luas. Tidak hanya untuk kalangan birokrasi, namun juga untuk seluruh anak bangsa. Prof Paulus Wirutomo menyatakan, bangsa ini sedang terlilit berbagai masalah besar yang menggerogoti setiap sendi kehidupan masyarakat. Masalah ini melanda semua golongan, baik dari kalangan bawah, kalangan atas, kalangan tidak terdidik, kalangan terdidik, dari tukang becak hingga pejabat.

    “Penyakit yang menggerogoti bangsa ini tidak hanya korupsi, namun juga ketidakdisiplinan, ketidakjujuran, pelanggaran norma, intoleransi, hilangnya rasa saling menghargai dan menghormati, dan memudarnya rasa nasionalisme. Dan harus diakui, penyakit itu melanda hampir semua orang,” kata guru besar Universitas Indonesia ini.

    Paulus menambahkan, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis mental yang cukup parah. Oleh karena itu, butuh gerakan untuk menyembuhkan krisis tersebut. “Perlu sebuah gerakan masif yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. Gerakan menuju Indonesia yang lebih baik,” imbuhnya.

    Membentuk Manusia Baru
    Konsep revolusi mental sendiri berasal dari ide Presiden RI pertama, Ir Soekarno, yang bertujuan membentuk manusia baru yang lebih baik dan lebih tangguh dari sebelumnya, dengan membuang hal-hal negatif yang ada di dalam diri manusia Indonesia. “Revolusi mental merupakan satu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala,” kata Soekarno dalam salah satu pidatonya.

    Di era masa kini, Presiden Joko Widodo menterjemahkan revolusi mental sebagai gerakan untuk lebih memperkukuh kedaulatan, meningkatkan daya saing dan mempererat persatuan bangsa. Dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, revolusi mental merupakan bagian terpenting untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila. Karena dasar fundamental untuk menjadi bangsa besar dimulai dari pembangunan karakter manusiannya.

    Revolusi Mental menjadi gerakan kolektif yang melibatkan seluruh anak bangsa dengan memperkuat peran semua institusi pemerintah dan pranata sosial-budaya yang ada di masyarakat dilaksanakan melalui internalisasi nilai-nilai esensial pada individu, keluarga, institusi sosial, masyarakat sampai dengan lembaga-lembaga negara.

    Hasil yang ingin dicapai dari revolusi mental adalah upaya membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila. Untuk mencapai hasil tersebut, telah disusun Inpres Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dan Peta Jalan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

    Bagi pemerintah, GNRM adalah bagian dari kesungguhan untuk memperbaiki standar pelayanan publik, meningkatkan kepuasan warga terhadap pelayanan publik, meningkatkan daya saing produk dan konsumsi dalam negeri, meningkatkan kerukunan warga, meningkatkan kerjasama dan partisipasi dalam pembangunan, meningkatkan kualitas hidup dan kepercayaan di masyarakat, penyederhanaan presedur pelayanan publik, keterbukaan informasi, meningkatkan kepastian pelayanan dan efesiensi biaya pelayanan. Hal-hal itulah yang akan menjadi indikator keberhasilan dari GNRM.

    Tiga Pilar Utama
    Permasalahan yang masih dihadapi dalam pembangunan lintas bidang revolusi mental, mencakup tiga pilar utama, yaitu kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan kepribadian dalam kebudayaan. Berbagai permasalahan yang terkait dengan tiga pilar utama tersebut harus diatasi terlebih dahulu, sehingga pembentukan mental baru dapat terwujud.

    Masalah terkait kedaulatan politik misalnya pelembagaan demokrasi belum terbangun dengan baik sehingga rakyat belum sepenuhnya berdaulat secara politik. Kepatuhan dan penegakan hukum masih lemah serta budaya hukum belum tumbuh secara optimal. Selain itu, birokrasi pemerintahan belum efsien dan budaya pelayanan masih lemah.

    Terkait kemandirian ekonomi, masih terlihat bahwa daya saing Indonesia masih rendah yang disebabkan oleh praktik ekonomi yang kurang efsien dan produktivitas yang rendah. Di sisi lain, kedaulatan pangan dan energi juga belum optimal.

    Adapun masalah terkait kepribadian dalam kebudayaan yang dihadapi di antaranya belum optimalnya pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan kearifan lokal yang relevan dengan kehidupan bermasyarakat. Selain itu, sikap kesetiakawanan dan kekeluargaan perlu diperkuat dalam mengatasi masalah atau melaksanakan suatu hajat dalam kehidupan bermasyarakat.

    Arah dan Strategi Tepat
    Semua permasalahan tersebut harus diatasi melalui arah kebijakan dan strategi yang tepat. Dalam hal kedaulatan politik misalnya, perlu peningkatan kualitas peran dan fungsi lembagalembaga demokrasi; jaminan pemenuhan kebebasan sipil dan hak-hak politik rakyat, termasuk peningkatan peran organisasi masyarakat sipil dan peningkatan keterwakilan perempuan dalam politik dan pengambilan keputusan publik.

    Upaya lain yakni dengan pemantapan iklim kondusif bagi terpeliharanya stabilitas sosial politik yang ditandai dengan menurunnya konflik sosial politik; peningkatan kepatuhan dan penegakan hukum serta reformasi peradilan secara konsisten dan berintegritas; dan peningkatan kontribusi dan kualitas peran kebijakan luar negeri Indonesia dalam berbagai forum internasional untuk mendukung pencapaian kepentingan nasional di dalam negeri.

    Kemandirian ekonomi dibangun melalui penguatan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat di kalangan pelaku ekonomi, pemerintah dan masyarakat. Tak kalah penting adalah peningkatan kemandirian ekonomi nasional melalui peningkatan penggunaan produk dalam negeri, pengelolaan energi dan pangan melalui hilirisasi produk-produk pertanian (pangan) dan
    pengolahan minyak bumi dan hasil tambang, serta pemberdayaan pelaku usaha kecil-menengah, ekonomi dan industri kreatif, ekonomi rakyat dan ekonomi subsisten dengan meningkatkan pemerataan peluang dalam pengembangan
    ekonomi dan distribusi aset-aset produktif yang adil. Pada saat yang sama diupayakan peningkatan pemanfaatan potensi laut dan pariwisata bahari, serta peningkatan dan pengembangan iklim yang kondusif bagi inovasi melalui peningkatan sistem
    logistik nasional dalam rangka distribusi bahan produksi dan konsumsi.

    Sedangkan terkait kepribadian dalam kebudayaan, permasalahan diatasi melalui pengembangan karakter dan jati diri bangsa yang tangguh, berbudaya, dan beradab, serta berdaya saing dan dinamis, yang dilandasi oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdasarkan Pancasila. Kesadaran masyarakat akan kemajemukan yang menuntut setiap warga
    negara hidup rukun, toleran, gotong royong, dan menjaga hubungan sosial yang harmonis juga harus ditingkatkan.

    Di sisi lain, peningkatan pendidikan yang berkualitas untuk melahirkan manusia-manusia unggul, melalui peningkatan kualitas lembaga pendidikan sebagai sarana dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan peningkatan peran keluarga sebagai basis utama dan pertama pembentukan karakter dan kepribadian anak. Dan tak ketinggalan perlu peningkatan kampanye publik melalui berbagai media (flm, sastra, iklan layanan masyarakat), untuk menumbuhkan etos, semangat berkarya, daya juang, sikap antikorupsi, orientasi mencari ilmu, hidup toleran dan menjaga harmoni sosial di dalam masyarakat majemuk.

    Kolaborasi Berbagai Elemen
    Revolusi mental merupakan investasi jangka panjang yang harus diperjuangkan mulai saat ini, hari ini, detik ini. Gerakan ini bukanlah proyek, akan tetapi gerakan sosial yang bersifat partisispatif, yaitu kolaborasi pemerintah, masyarakat sipil, sektor privat dan kalangan akademisi.

    Apakah gerakan ini akan berhasil merevolusi mental bangsa? Ada sebuah ungkapan, setiap bangunan megah awalnya hanyalah sebuah sketsa. Setiap kupu-kupu dulunya hanyalah ulat. Tidak penting bagaimana hasil akhirnya, tetapi bagaimana kita memulai dan berproses, karena tahapan hidup yang harus dilalui adalah bekerja keras untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    Berita Terkait

    2 Tahun Percepatan Pembangunan Menuju Indonesia Maju

    Kamis, 20 Oktober 2016 genap 2 tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Berawal dari Visi Nawacita yang disampaikan dalam pemilihan Presi Selengkapnya

    Kerja Nyata Menuju Swasembada

    Regi Agustian (23) tampak serius berdiskusi dengan petani di Desa Bandengan, Kec Mundu, Kab Cirebon, Jawa Barat. Sesekali mahasiswa Institut Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA