FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 06-2023

    756

    Bina Pelaku UMKM Agar Mampu Tembus Pasar Ekspor

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Badung, Kominfo - Pembinaan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengharapkan lewat pembinaan itu, pelaku UKM dapat terus meningkatkan kualitas produk-produk yang dihasilkan.

    “Pembinaan UKM dapat meningkatkan keterampilan dan produktivitas serta kualitas produk yang dihasilkan. Dengan dukungan dari perbankan dan pembiayaan, diharapkan teman-teman UKM bisa berkembang tidak hanya di pasar lokal, tetapi juga bisa ekspor. Inilah yang menjadi misi Bhinneka Culture Festival dengan melibatkan pelaku UKM,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan saat membuka Bhinneka Culture Festival ke-2 di Pantai Jerman, Kuta, Badung, Bali, Jumat (23/06/2023). 

    Dalam acara yang diselenggarakan oleh Banjar Segara Kuta dengan Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN) itu Mendag Zulkifli Hasan  menyampaikan, pelaku UKM yang kompeten dapat mengikuti kegiatan promosi ekspor yang dilaksanakan Kemendag, salah satunya ajang Trade Expo Indonesia (TEI) di bulan Oktober mendatang.

    “Kami mengundang buyer dari berbagai negara untuk hadir di TEI. Tidak hanya itu, Kemendag juga membuka kesempatan bagi pelaku usaha terpilih untuk berpartisipasi pada berbagai pameran dagang internasional yang diselenggarakan di luar negeri,” tuturnya.

    Selain promosi ekspor dengan partisipasi pameran, Kemendag melaksanakan berbagai kegiatan dalam program pengembangan ekspor nasional, di antaranya pengiriman misi dagang, penjajakan bisnis, pengembangan produk ekspor melalui sertifikasi dan pendampingan desain, penyediaan layanan informasi ekspor melalui platform Inaexport & InaDigiExport, hingga kerja sama pengembangan ekspor denganberbagai lembaga internasional. Mendag Zulkifli Hasan juga menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan Bhinneka Culture Festival setiap tahun.

    “Saya mendukung penuh agar kegiatan ini diadakan setiap tahun dan agar dilestarikan,” tegasnya.

    Dalam rangkaian acara itu, Mendag Zulkifli Hasan berdialog dengan para pelaku UKM. Pada dialog tersebut, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa Kemendag menyasar menyasar pasar ekspor yang baru, salah satunya Afrika.

    “Sekarang banyak pasar baru, salah satunya Afrika. Negara Afrika cocok dengan produk-produk Indonesia. Selain itu, Indonesia juga bisa menyasar ke negara Asia Selatan seperti India, Pakistan, dan Bangladesh yang populasinya hampir sebanyak dua miliar orang,” jelasnya. 

    Mendag Zulkifli Hasan meminta para pelaku UKM untuk mengecek lebih lanjut mengenai berbagai informasi di situs web Kemendag. “Di website kemendag itu sudah canggih. Misalnya sudah ada Satu Data, kegiatan-kegiatan Mendag, dan informasi mengenai berbagai pameran,” ungkapnya.

    Mendag Zulkifli Hasan juga menjelaskan mengenai mengembangkan empat pilar untuk mendukung peningkatan daya saing UMKM. Keempat pilar tersebut adalah keberadaan UMKM, lokapasar (marketplace), ritel modern, dan perbankan.

    Berita Terkait

    Pemerintah Lindungi Pelaku Usaha Dalam Negeri dari Serbuan Produk Luar

    Pelaku usaha Indonesia harus mengikuti perkembangan dengan memanfaatkan platform niaga elektronik. Selengkapnya

    Presiden Ajak KMHDI Dukung Momentum Transformasi Ekonomi Hijau

    Presiden menuturkan, saat ini semua negara termasuk Indonesia sedang melakukan transformasi menuju ekonomi hijau untuk mengurangi dampak dar Selengkapnya

    Tinjau Pelabuhan Merak, Presiden Pastikan Kesiapan Arus Mudik 2023

    Presiden meminta seluruh jajarannya untuk menghitung secara detail perencanaan arus mudik tahun ini yang diperkirakan jumlah pemudiknya meni Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Perempuan Pelaku UMKM Kembangkan Bisnis

    The Girl Fest 2023 menghadirkan para perempuan inspiratif yang telah sukses di bidangnya masing-masing untuk berbagi cerita dan prestasinya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA