FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 08-2023

    322

    Presiden Ajak KMHDI Dukung Momentum Transformasi Ekonomi Hijau

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Palu, Kominfo - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres Nasional Mahasabha XIII Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Tahun 2023 yang digelar di Auditorium Universitas Tadulako, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (30/08/2023). Dalam sambutannya, Presiden mendorong KMHDI untuk turut mendukung momentum transformasi ekonomi hijau di Indonesia.

    “Saya minta KMHDI untuk mempersiapkan diri mempelajari ilmu pengetahuannya, pelajari mengenai carbon trading, pelajari mengenai carbon market, pelajari mengenai climate entrepreneurship, pelajari mengenai waste recycling, pelajari mengenai battery technology,” ucapnya.

    Presiden menuturkan, saat ini semua negara termasuk Indonesia sedang melakukan transformasi menuju ekonomi hijau untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim. Menurutnya, transformasi ini merupakan sebuah kesempatan karena Indonesia memiliki potensi yang besar dalam energi hijau.

    “Penggunaan energi juga sama beralih semuanya ke green energy karena kita semua ingin mengurangi dampak dari perubahan iklim. Semuanya green, green, green semuanya. Ini tantangan, tetapi sekaligus adalah peluang. Ini tantangan tapi sekaligus juga opportunity dan negara kita ini memiliki kekuatan yang besar, memiliki potensi yang besar untuk ini,” tuturnya.

    Apabila kesempatan itu dipergunakan dengan baik, Presiden Joko Widodo meyakini transformasi ekonomi hijau akan menjadi kekuatan besar Indonesia. Untuk itu, Presiden mendorong seluruh pihak untuk bersama-sama konsisten mewujudkan visi tersebut.

    “Oleh sebab itu, kewajiban kita bersama untuk selalu terus konsisten terhadap visi negara utamanya visi taktis, strategi besar dalam bersaing dengan negara-negara lain,” kata Presiden.

    Pada kesempatan tersebut, Presiden menjabarkan potensi energi hijau yang dimiliki oleh Indonesia seperti geotermal, tenaga air atau hidro, energi angin, hingga solar panel matahari yang diyakini mampu menarik investor ke Indonesia. Selain itu, pemerintah juga membangun kawasan industri hijau di Kalimantan Utara.

    “Semuanya menggunakan energi hijau dari Sungai Kayan yang ada di sana,” lanjutnya.

    Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, dan Ketua Presidium PP KMHDI I Putu Yoga Saputra.

    Berita Terkait

    Bertemu Tony Blair, Presiden Bahas Investasi Energi dan Percepatan Transformasi Digital

    Dalam keterangannya selepas pertemuan, Menteri Investasi menyebut bahwa pertemuan bersama Tony Blair menghasilkan beberapa kesepakatan penti Selengkapnya

    Indonesia-Apple Jajaki Peluang Pengembangan Manufaktur dan Investasi Teknologi

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai i Selengkapnya

    Presiden Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan

    Bantuan yang dikirimkan tersebut, kata Presiden, bernilai kurang lebih Rp30 miliar berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA