FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 09-2022

    404

    Menkominfo: Indonesia Bertekad Dukung Konektivitas Universal dan Bermanfaat

    SIARAN PERS NO. 442/HM/KOMINFO/09/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate saat menyampaikan High Policy Statement Indonesia dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 (PP 22) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Selasa (27/09/2022). - (AYH)

    Siaran Pers No. 442/HM/KOMINFO/09/2022

    Selasa, 27 September 2022

    Tentang

    Menkominfo: Indonesia Bertekad Dukung Konektivitas Universal dan Bermanfaat

    Pemerintah Republik Indonesia bertekad dan memiliki komitmen terbaik dalam memperjuangkan capaian konektivitas universal yang bermanfaat bagi seluruh warga negara anggota International Telecommunicatiom Union (ITU).

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan hal itu penting di tengah dinamika dunia yang tengah menghadapi masa depan baru pemulihan pascapandemi Covid-19. 

    “Di mana semua orang dapat memperoleh manfaat dari penggunaan internet yang produktif. Hari ini, kami bekerja menuju tujuan tersebut, karena hal ini berarti sama dengan berkontribusi pada pencapaian ITU Strategic Goals dan Connect 2030 Agenda,” jelasnya saat menyampaikan High Policy Statement Indonesia dalam ITU Plenipotentiary Conference 2022 (PP 22) di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania, Selasa (27/09/2022).

    Menteri Johnny menegaskan saat ini momentum yang tepat dalam mengurangi kesenjangan digital di dunia. 

    “Lonjakan penggunaan internet yang terus berlangsung, sangat penting bagi kami untuk memanfaatkan momentum ini untuk mempercepat upaya kami dalam mewujudkan dunia yang terhubung secara digital,” ujarnya

    Pada ITU PP-22, Menkominfo juga memaparkan perkembangan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dalam rangka memperkecil kesenjangan digital.

    “Saat ini kami sedang menggelar kabel serat optik di darat dan bawah laut untuk menghubungkan titik-titik tulang punggung yang tidak terhubung Indonesia, di mana kami telah mengerahkan panjang 460.000 Km jaringan kabel serat optik,” ujarnya.

    Selain itu, Indonesia tengah menyelesaikan sekitar 65% target pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G untuk memenuhi kebutuhan ribuan desa di wilayah nonkomersial atau daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).  

    “Pada kuartal kedua 2023 tahun depan, kami akan meluncurkan dua unit High Throughput Satelit Geo Earth Orbit dengan kapasitas 150 Gbps untuk mendukung akses internet di lebih dari 150.000 fasilitas umum di daerah 3T,” tutur Menteri Johnny.

    Dengan pembangunan infrastruktur TIK secara besar-besaran, Menkominfo mengharapkan inisiatif Indonesia dapat berkontribusi memudahkan akses bagi 2,7 Miliar manusia yang belum terhubung internet.

    “Harapannya kita ikut mengambil bagian agar memperkecil kesenjangan internet di dunia. Jadi sekali lagi, kita berharap pembangunan infrastruktur TIK di Indonesia ikut mendukung akses bagi 2,7 Miliar manusia di dunia saat ini yang blackout atau tidak mendapat koneksi internet dengan pembangunan infrastruktur TIK,” ungkapnya.

    Konferensi PP-22 merupakan badan pembuat keputusan tertinggi ITU. Dalam pertemuan tingkat tertinggi ini, 193 negara anggota akan menyepakati rencana strategis dan keuangan, kepemimpinan, dan arahan ITU untuk empat tahun ke depan.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 530/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Percepat Transformasi Digital Sektor Keuangan, Menteri Johnny Dukung Program P2DD

    Salah satu kebijakan Kementerian Kominfo dengan menerjemahkan seluruh peraturan perundang-undangan di Indonesia sebagai salah satu acuan per Selengkapnya

    Siaran Pers No. 529/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Hadapi Tantangan Global, Menkominfo Dorong Startup Digital Tempuh Tiga Aksi

    Menkominfo Johnny G. Plate mendorong startup digital melakukan tiga aksi untuk meningkatkan resiliensi. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 528/HM/KOMINFO/12/2022 tentang Menkominfo Ungkap Peran Frans Seda Jadi Perintis Telekomunikasi

    Dengan berbagai kiprah dan kontribusinya, Menteri Johnny mendukung pengusulan Frans Seda sebagai pahlawan nasional. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 527/HM/KOMINFO/11/2022 tentang Menteri Johnny: Jurnalistik dan Teknologi Digital Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

    Peran jurnalis dan teknologi memungkinkan transmisi berita dengan cepat dan akurat ke seluruh pelosok tanah air dan ke seluruh dunia yang me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA