FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 05-2022

    343

    Prokes Ketat dan Wayang Kulit di Sidang Kedua DEWG G20 Yogyakarta

    Kategori Artikel | doni003

    Sidang  Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (2nd DEWG G20) di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

    Pantauan Indonesia.go.id, Selasa (17/5/2022) pagi, Prokes sudah dijalankan sejak kedatangan para delegasi di Hotel Tentrem. Para delegasi dan media peliput 2nd DEWG sebelum memasuiki ruangan langsung diarahkan panitia melaksanakan tes Rapid Antigen. Selama kegiatan berlangsung, arahan petugas untuk menjaga jarak, juga terus disampaikan.

    Penerapan prokes dilakukan sebagai upaya mencegah dan menekan penyebaran virus COVID-19. Sidang Kedua DEWG G20  akan berlangsung di Yogyakarta pada Selasa (17/5/2022) hingga Rabu (18/5/2022).

    Di sisi lain, delegasi dan media peliput juga disuguhi kebudayaan khas Yogyakarta, yakni proses langsung pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang. Tiga orang seniman pembuat wayang kulit yang menunjukkan proses pembuatan wayang menjadi daya Tarik delegasi dan media peliput.

    Wayang kulit adalah pertunjukan drama dengan boneka pipih yang terbuat dari kulit. Dalam kesenian Indonesia, wayang kulit adalah salah satu yang terkenal di seluruh daerah bahkan di luar negeri.

    Pertunjukan wayang Kulit bisa dikatakan sebagai kesenian tradisional yang paripurna karena di dalamnya terkandung seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang.

    Setiap boneka dibentuk menadi karakter perwayangan. Setiap karakter wayang kulit dibuat unik dengan postur dan pakaian khas Indonesia.

    Seniman pembuat wayang kulit asal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Abi, yang hadir di lokasi, berharap para delegasi 2nd DEWG G20 dapat menikmati kebudayaan dan  keindahan Kota Yogyakarta.

    "Yogyakarta ini kaya nilai sejarah dan kesenian termasuk wayang kulit. Semoga pengunjung bisa menikmatinya,” katanya.

    G20 telah menempatkan isu digitalisasi sebagai salah satu katalisator utama sumber pertumbuhan ekonomi baru sejak tahun 2016. Pembahasan mengenai pemanfaatan digital terus berlangsung hingga kini termasuk dalam Presidensi G20 Indonesia yang mengangkat tiga agenda utama yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

    Komitmen anggota G20 dalam membahas perkembangan teknologi digital, termasuk ekonomi digital terwujud pada elevasi Digital Economy Task Force menjadi Digital Economy Working Group (DEWG) pada Presidensi G20 Italia 2021.

    Melalui elevasi tersebut, DEWG diberikan untuk memajukan pembahasan ekonomi digital secara  lintas sektor dalam mewujudkan ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Pada Presidensi G20 Indonesia, Kementerian Kominfo memegang peranan penting dalam melakukan streamlining pembahasan isu transformasi ekonomi berbasis digital oleh Working Groups dan Engagement Groups yang ada.

    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo RI), Mira Tayyiba, menyatakan Presidensi G20 Indonesia 2022 akan menunjukkan berbagai inisiatif di sektor ekonomi digital sebagai pendukung pembahasan mengenai substansi selama sidang kedua DEWG.

    Dikatakan Mira, inisiatif-inisiatif tersebut ditampilkan melalui Wall of Indonesia’s Digital Transformation yang diprakarsai para anggota DEWG Industry Task Force yang terdiri dari berbagai pelaku industri.

    Sumber: Indonesia.go.id

    Berita Terkait

    Platform Digital Indonesia Unjuk Kekuatan di DEWG G20

    Kolaborasi ditujukan untuk menyukseskan pembahasan ekonomi digital menuju ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Selengkapnya

    Semangat Kolaborasi Nusa Dua Menginspirasi Sidang Keempat DEWG G20

    Sidang keempat DEWG G20 menjadi titik terakhir untuk merumuskan The Bali Packages yang bisa dibawa ke pertemuan tingkat menteri ekonomi digi Selengkapnya

    Indonesia Cetak Sejarah Ciptakan Masa Depan Dunia Bidang Digital di G20

    Indonesia dinilai sedang mencetak sejarah masa depan dunia di bidang digital, pada momentum Presidensi G20 2022. Selengkapnya

    Pesan Perdamaian dan Talenta Muda di Peluncuran Presidensi G20 Indonesia

    Upacara peluncuran resmi Presidensi G20 Indonesia 2022 pada 1 Desember akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan beberapa TV Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA