FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2022

    1333

    Platform Digital Indonesia Unjuk Kekuatan di DEWG G20

    Kategori Artikel | doni003
    - (Pey)

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng 40 anggota penyelenggara platform digital di Indonesia yang tergabung dalam G20 Industry Task Force Digital Economy Working Group (ITF DEWG) berkolaborasi dan terlibat di dalam agenda Presidensi G20 Indonesia 2022. Kolaborasi tersebut bertujuan menyukseskan pembahasan ekonomi digital menuju ekosistem digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Baik bagi kepentingan nasional, maupun global.

    Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kominfo), sekaligus Chair Digital Economy Working Group (DEWG) G20, Mira Tayyiba, dalam Diskusi Media ITF DEWG G20 Indonesia 2022, Jumat (19/8/2022). Mira menjelaskan, pihaknya telah membentuk ITF sebagai wadah bagi para pelaku industri penyelenggara platform digital di Indonesia, baik yang berskala nasional maupun multinasional, untuk berpartisipasi dalam kesuksesan penyelenggaraan DEWG G20.

    ITF akan memberikan peluang bagi perusahaan penyedia layanan digital yang tergabung dalam ITF DEWG untuk menunjukkan inovasi, kekuatan, sekaligus potensi sektor digital tanah air. Survei Kominfo bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah menunjukkan sebesar 77 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan internet hingga lebih dari 8 jam sehari.

    “Melihat aspek digital sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat kita, optimalisasi pemanfaatan keterampilan digital sangat dibutuhkan,” kata Sekjen Kemkominfo Mira.

    Adapun tiga isu prioritas yang menjadi pembahasan DEWG G20, yakni konektivitas dan pemulihan pascapandemi, kecakapan dan literasi digital, serta arus data lintas batas negara. Guna menyelaraskan hasil diskusi transformasi digital dengan pertumbuhan ekonomi nasional, selain melibatkan pemerintah dan industri, DEWG juga mengundang para pakar ekonomi untuk mendiskusikan aspek ekonomi dalam tiga isu prioritas tersebut.

    Vice President of Public Policy & Government Relations Traveloka Widyasari Listyowulan yang ditunjuk sebagai Koordinator ITF DEWG G20 2022 mengatakan, perusahaannya mendukung pemerintah meningkatkan literasi dan talenta digital. Pihaknya juga percaya akan pentingnya sinergi lintas sektor.

    Hal itu diwujudkan dengan mendorong pelaku di industri pariwisata mengadopsi teknologi untuk membantu memperluas akses layanan mereka dan juga mendorong roda bisnis mereka terus berjalan. Menurut Widyasari, melalui keanggotaan ITF DEWG, pihaknya berperan aktif sebagai koordinator untuk membangun diskusi dan kemitraan yang kuat di antara para pelaku di industri digital untuk mengakselerasi transformasi digital dan pemulihan ekonomi nasional.

    “Di sisi lain, kami juga berkomitmen menyediakan solusi end-to-end untuk memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup masyarakat Indonesia, serta berkontribusi dan berdampak positif bagi ekosistem sektor pariwisata nasional yang melibatkan para mitra dan UMKM di Indonesia,” tukasnya.

    Digitalisasi Pesat

    Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi momentum perubahan bagi Indonesia. Dalam dua tahun terakhir, digitalisasi berkembang amat pesat dan semua orang harus beradaptasi dengan perubahan tersebut.

    “Digitalisasi juga telah mengubah lanskap operasional di berbagai sektor. Peningkatan pemanfaatan digital yang pesat ini membuka peluang pemulihan serta pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Yose Rizal.

    Menurutnya, masih banyak hal yang perlu dioptimalisasi, termasuk infrastruktur, kemampuan sumber daya manusia (SDM), dan literasi pengguna. Inisiatif yang dilakukan melalui ITF DEWG G20 Indonesia 2022 dalam mendorong kolaborasi antara pemerintah, para pelaku industri, dan masyarakat di berbagai lini dapat menjadi enabler bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

    DEWG akan melanjutkan pertemuan keempat di Bali pada 29--30 Agustus 2022. Dalam pertemuan tersebut, ITF DEWG G20 akan mempertunjukkan adopsi serta ekosistem digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20. Para anggota ITF DEWG G20 juga akan menghadiri Digital Innovation Network untuk berbagi pengetahuan dan wawasan terkait inovasi digital dalam pemulihan ekonomi pascapandemi kepada para delegasi G20.

    Sumber: indonesia.go.id

     

    Berita Terkait

    Hari Penyiaran Nasional ke-91, Penyiaran Indonesia Tumbuh Kuat dengan Harmoni

    Proses penetapan Hari Penyiaran Nasional membutuhkan waktu yang cukup lama hingga ditetap oleh Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu. Deklaras Selengkapnya

    Daya Saing Digital Indonesia

    Indonesia meraih posisi ke-45 dunia pada peringkat daya saing digital. Sebuah bukti keberhasilan dan pengakuan dunia atas percepatan transfo Selengkapnya

    Cari Sinyal Internet Tak Perlu Lagi Naik Gunung

    Kehadiran BTS 4G semakin memperkuat akses internet bagi puluhan ribu sekolah dan pesantren, percepatan layanan publik di kantor pemerintahan Selengkapnya

    Dukungan Infrastruktur Digital dan Komunikasi untuk KTT ASEAN 2023

    Kementerian Kominfo menyiapkan dukungan diseminasi informasi dan fasilitasi untuk pendaftaran jurnalis yang meliput rangkaian KTT ASEAN 2023 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA