FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 09-2021

    691

    Video Hiu Penyebab Jaringan Telkomsel Down, Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten unggahan video  disertai narasi “PENJARAKAN DIA YANG BIKIN JARINGAN DOWN” dengan membubuhkan tagar #telkom #jaringan #down #fyp #viral.

    Konon,  video yang bersumber dari media sosial TikTok itu menampilkan seekor ikan hiu menggigit sebuah kabel di dasar laut.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa video itu tidak berkaitan dengan kejadian jaringan Telkomsel down.  Faktanya, video tersebut merupakan rekaman di bawah laut yang terekam pada tahun 2014 lalu dan berlokasi di Samudra Pasifik.

    Dari pikiran-rakyat.com, ditemukan video serupa pernah diberitakan The Guardian, di mana kabel yang digigit hiu dalam video adalah milik Google, yang setelahnya menyebabkan perbaikan besar-besaran.

    Berikut laporan isu hoaks dan diinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (21/09/2021):

    [DISINFORMASI] Video Rekaman Hiu Penyebab Jaringan Telkomsel Down

    [HOAKS] Akun Telegram Mengatasnamakan PT Pegadaian (Persero)

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah H. Suriyadi, S.Pd.I., M.M.

    Berita Terkait

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Perubahan Iklim Hasil Konspirasi? Itu Hoaks!

    Dalam catatan geologi, perubahan iklim selalu terjadi baik karena faktor alami atau akibat manusia. Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA