FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 04-2021

    2089

    Kunjungi Monumen Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Kebanggaannya

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Monumen Pers Nasional. - (AYH)

    Surakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengunjungi Monumen Pers Nasional. Tiba di lokasi sekitar pukul 08.50 WIB, Menteri Johnny disambut Kepala Monumen Pers Nasional, Widodo Hastjaryo. Setelah itu memasuki Gedung Induk tempat koleksi sejarah Pembentukan Stasiun Solosche Radio Vereeniging (SRV). Stasiun radio itu merupakan media siaran yang pertama kali menggunakan bahasa Indonesia.

    Dalam perbincangan bersama Kepala Monpers Widodo, Menteri Johnny mengungkapkan kegembiaran hatinya karena pertama berkunjung ke tempat sejarah perjuangan bangsa, khusunya penyiaran nasional.

    “Pertama tentunya saya gembira hati untuk datang mengunjungi Monumen Pers Nasional, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menjadi penyambung tupoksi Kominfo di daerah. Saya tentu menyambut dengan bangga para ASN Kominfo di sini dan tenaga karyawan pendukung yang mendukung dalam rangka melaksanakan program tugas keseharian Monpers Kominfo. Saya mengikuti tour Monpers dan melihat perjalanan sejarah Gedung ini,” ungkapnya di Monumen Pers Nasional, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (01/04/2021).

    Menkominfo melanjutkan peninjauan ke ruang koleksi perjalanan penyiaran radio di Indonesia dari waktu ke waktu. Dalam ruang itu dipamerkan mesin ketik hingga pemancar radio yang menjadi saksi sejarah perjalanan stasiun radio SRV.

    Kepala Monpers Nasional Widodo Hastjaryo menjelaskan setiap koleksi yang dimiliki.  Menanggapi penjelasan itu, Menteri Johnny menuturkan tepat sekali  Persatuan  Wartawan Indonesia memutuskan image gedung menjadi monumen karena harus menjadi monumental sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

    Selanjutnya, Menkominfo menyaksikan sajian film dokumenter di Ruang Audio Visual mengenai sejarah penyiaran di Surakarta. Kurang lebih 10 menit dia duduk menikmati tayangan sejarah.

    “Dari gedung ini muncul ide dan gagasan di zaman perjuangan, radio kota. Dari Gedung ini muncul pula gagasan pers dan awal mula penyiaran,” ungkapnya.

    Dalam kunjungan ke Monunem Pers Nasional, Menteri Johnny didampingi Staf Khusus Menkominfo Bidang IKP, Transformasi Digital dan Hubungan Antar-Lembaga, Rosarita Niken Widiastuti; dan Staf Khusus Menkominfo Bidang Digitalisasi dan SDM, Dedy Permadi.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA