FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 05-2020

    1870

    Silaturahmi Digital Idulfitri dan Era Normal Baru, Kominfo Siapkan Dukungan Layanan Prima Telekomunikasi

    SIARAN PERS NO. 71/HM/KOMINFO/05/2020
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 71/HM/KOMINFO/05/2020

    Jumat, 22 Mei 2020

    Tentang

    Silaturahmi Digital Idulfitri dan Era Normal Baru

    Kominfo Siapkan Dukungan Layanan Prima Telekomunikasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menggelar konferensi pers daring dari Jakarta, Jumat (22/05/2020). Dalam konferensi pers itu Menteri Kominfo menyampaikan kesiapan dukungan Kementerian Kominfo untuk pelaksanaan silaturahmi digital Idulfitri 1441 H dan era normal baru akibat pandemi Covid-19.

    Berikut pernyataan Menteri Kominfo dalam konferensi pers daring dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo:

    1.   Saat ini, dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19.  Situasi ini berdampak pada seluruh sendi kehidupan baik nasional maupun internasional. Presiden RI Bapak Joko Widodo telah menetapkan pandemi ini sebagai bencana nasional nonalam seperti yang ditetapkan dalam Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional. Berbagai upaya dan kebijakan harus kita lakukan mulai dari penanganan medis, physical distancing, serta menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah, serta beribadah di rumah.

    2.   Covid-19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan kita secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi. Kita juga melihat terjadinya percepatan transisi ke ranah digital seperti meningkatkan e-commerce,  meningkatnya penggunaan uang elektronik dalam transaksi ekonomi serta  penggunaan tanda tangan digital di ranah hukum. Setelah pandemi ini berlalu, kebiasaan-kebiasaan tersebut akan terus terbawa sebagai langkah preventif terhadap penyebaran virus di kehidupan sehari-hari dan kita akan memasuki fase New Normal. New Normal adalah kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul sejak fase pandemi Covid-19 dan menjadi normal baru pasca pandemi Covid-19.

    3.   Sektor industri telekomunikasi dan infrastruktur telekomunikasi menjadi dasar terbentuknya ekosistem di era New Normal. Mobile broadband melalui jaringan seluler mengandalkan infrastruktur BTS (2G), NodeB (3G) dan eNodeB (4G) untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan jaringan seluler (mobile broadband) sebagai jaringan aksesnya.  Mengingat jaringan seluler menggunakan spektrum frekuensi radio sebagai media penghantarnya, maka ada kerentanan terhadap gangguan sehingga kualitas yang diterima masyarakat juga tidak maksimal. Masih sedikit dari masyarakat kita yang menggunakan jaringan fiber optik sebagai jaringan aksesnya. Jaringan fiber optik kapasitas tinggi biasanya hanya tersedia di kota-kota besar di Indonesia. 

    4.   Pada saat diberlakukan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah, terjadi peralihan signifikan trafik dari perkantoran, perguruan tinggi dan sekolah ke pemukiman dengan kenaikan trafik sekitar 10-15%. Dalam keadaan normal, saat Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1441 H trafik naik 20-30%, namun dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahun 2020 ini terjadi kenaikan trafik 30-40%.

    5.   Berbagai upaya dilakukan dalam mempersiapkan jaringan telekomunikasi untuk mengantisipasi lonjakan trafik dimaksud, di antaranya:

      • Menjaga kinerja jaringan telekomunikasi agar terus dapat memberikan layanan yang baik: (1) Jumlah  BTS  4G  eksisting  di kuartal-3  Tahun  2019  di  seluruh  Indonesia  tercatat sebanyak 173.294, BTS 3G sebanyak 188.849 dan BTS 2G sebanyak 116.982. Atau seluruhnya sekitar 479.125 unit. (2) Fiber optic (FO): Panjang FO inland: 224.583 km dan SKKL: 123.859. Sehingga total panjang FO kita adalah 348.442 km.
      • Menambah kapasitas pada BTS untuk mengantisipasi lonjakan trafik dan menyiapkan mobile BTS apabila diperlukan. Sampai saat ini, berdasarkan data yang disampaikan oleh operator, terdapat sekitar 178 mobile BTS yang dikerahkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada kondisi Darurat Covid-19, dari keseluruhan BTS secara Nasional sejumlah 479.125.
      • Menjaga keberlangsungan jaringan telekomunikasi di titik-titik strategis pada kondisi PSBB yaitu di area pemukiman, jalan tol, puskesmas dan rumah sakit rujukan layanan Covid-19.
      • Melakukan monitoring jaringan telekomunikasi melalui Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu.
      • Operator telekomunikasi juga telah menyiapkan produk-produk khusus yang mendukung kebijakan belajar dan bekerja dari rumah selama PSBB, Ramadan dan Hari Raya Idulfitri serta menyiapkan program kegiatan yang mengedepankan dukungan kemanusiaan dan sosial seperti: memberikan bantuan makanan, paket sembako bagi kaum dhuafa, tenaga medis, masjid (berbuka dan sahur), bantuan berupa Alat Pelindung Diri, penyemprotan disinfektan, dan aktifasi kartu e-learning.

    6. Untuk mendukung kebijakan bekerja dan belajar dari rumah yang akan menjadi new normal bagi kita semua, Kementerian Kominfo melakukan kegiatan monitoring kualitas layanan telekomunikasi selama masa pandemik COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan melakukan pengukuran Quality of Service (QoS) layanan suara dan data/internet seluler terhadap operator seluler guna memastikan layanan prima telekomunikasi. Hasil pengukuran terhadap layanan suara (voice) menunjukkan keberhasilan panggilan rata-rata sebesar 94,21%, sedangkan pada pengukuran layanan data menunjukkan bahwa tingkat kecepatan download rata-rata internet seluler sebesar 15,57 Mbps, kecepatan upload rata-rata 13,34 Mbps dan latency 27,37 milisecond. Pengukuran juga dilakukan terhadap penggunaan streaming byYoutube dan Whatsapp, dimana diperoleh tingkat keberhasilan rata-rata untuk Youtube sebesar 84,82% dan Whatsapp sebesar 90,6%. Pada wilayah yang hasil pengukurannya tidak baik, Kementerian Kominfo berkoordinasi dengan penyelenggara seluler untuk melakukan upaya perbaikan atau meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi di tempat tersebut.

    7.   Menjelang hari Raya Idul Fitri Tahun 2020, mudik menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Namun, dalam kondisi seperti saat ini dalam rangka Idulfitri 1441 H Kementerian Kominfo mengkampanyekan silaturahmi digital: Tidak Perlu Pulang Mudik, namun Silaturahmi Tetap Terjalin.

     

    Jakarta, 22 Mei 2020

    Menteri Komunikasi dan Informatika RI

    Johnny G. Plate

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 205/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Cegah Polarisasi, Menkominfo Dorong Penyebaran Narasi Inklusif

    Menteri Budi Arie mendorong media massa untuk mengembangkan kontranarasi terhadap ancaman intoleransi yang sarat kepentingan politik. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 204/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jaga Legitimasi, Menteri Budi Arie Imbau Masyarakat Terima Hasil Resmi Pemilu

    Menteri Budi Arie mengimbau masyarakat menerima hasil resmi Pemilihan Umum 2024 yang akan diumumkan KPU selambat-lambatnya tanggal 20 Maret Selengkapnya

    Siaran Pers No. 203/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Kembangkan Kebijakan Responsif dan Adaptif, Menkominfo: Libatkan Pemangku Kepentingan

    Menteri Budi Arie menekankan arti penting hubungan timbal balik antara pemerintah dengan pelaku industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 202/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menteri Budi Arie Apresiasi Kolaborasi Perkuat Transformasi Digital Pemerintahan

    Menurut Menteri Budi Arie, model kerja sama pemerintah swasta akan memungkinkan kolaborasi keahlian, sumber daya, dan inovasi teknologi terk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA