FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2019

    175

    Kemkominfo dan Polsri Beri Pelatihan dan Sertifikasi VSGA Untuk Lulusan SMK

    Kategori Sorotan Media | meit001

    PALEMBANG, Penasumatera.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI kerjasama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya menggelar  kegiatan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship Tahun 2019 melalui Pelatihan dan Sertifikasi lulusan SMK yang berlangsung selama 18 hari di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)

    Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kominfo Pusat Parulian Sitompul mengatakan, fokus program ini untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang belum bekerja dengan tujuan untuk mencetak SDM yang handal. sebanyak 128 lulusan SMK yang belum bekerja ini mengikuti pelatihan selama 18 hari di Polsri.

    “18 hari itu, 2 harinya sertifikasi. Sertifikasi ini dari Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang merupakan program pemerintah dalam bentuk Digital Talent Scholarship (DTS),”jelasnya, Rabu (28/8/2019).
     

    Jadi selama 18 hari, 128 lulusan/tamatan SMK ini mengikuti bimbingan, pelatihan dan semuanya gratis dibiayai oleh Kementrian Kominfo dan juga bantuan dari Polsri dalam hal menyiapkan fasilitas saat pelatihan sertifikasi VSGA ini.

    “Diharapkan dengan terselenggaranya program VSGA 2019 ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang akan berdampak untuk mengurangi angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil..

    Dia menambahkan bila para lulusan atau tamatan SMK yang belum bisa mengikuti sertifikasi ini tahun depan Kementrian Kominfo berencana akan membuka kembali.

    “Adik-adik yang ikut sertifikasi ini awalnya mendaftar online dulu di laman https://balitbangsdm.kominfo.go.id selanjutnya kami serahkan ke Polsri untuk menyeleksi, baik secara administrasi dan lainnya agar mereka layak untuk mengikuti VSGA ini. Karena ini dilaksanakan serentak secara nasional, untuk tahun ini target kami sebenarnya 25 ribu seluruh Indonesia yang ikut namun belum bisa tercapai karena kondisi di lapangan yang dimana adik-adik kita sudah pulang kampung, sudah bekerja,” ujarnya.

    Adanya sertifikasi VSGA ini nantinya selain menerima ijazah dari sekolahnya, para lulusan SMK ini bisa memanfaatkan sertifikasi ini.

    “Jadi nilai plus ya, kalau biasanya mereka lulus dapat ijazah sedangkan kalau mau melihat kompetensi mereka bekerja di Industri mesti dipertanyakan lagi. Dan Industri di Indonesia ini butuh adik-adik kita yang tamat SMK ini yang memiliki sertifikasi,” jelasnya.

    Dari sertifikasi inikan kita jadi tahu kompetensi dia apa, dan di VSGA ini ada 3 bidang yang kami tawarkan kepada mereka. Seperti, Junior Network Administrator, Mobile Program dan Animator,” katanya.

    Dan di kegiatan sertifikasi dari VSGA ini bidang Junior Network Administrator 100 persen lulus. “Yang paling banyak emang di bidang ini, dan tadi mereka juga menampilkan hasil karya mereka juga,” ujarnya.

    Dia juga yakin setelah mengikuti sertifikasi dari VSGA ini 128 orang ini bisa langsung bekerja. “Kami yakin, tidak hanya harus bekerja di industri tapi mereka juga bisa membuka lapangan pekerjaan atau menjadi wiraswasta,” katanya.

    Sementara itu, Person in Charge (PIC) Vocational School Graduate Academy (VSGA) bagian dari (Digital Talent Scholarship) DTS Ahmad Bahri Joni Malian menambahkan pihaknya (Polsri) berterima kasih karena sudah memilih Polsri sebagai tuan rumah untuk kegiatan ini.

    “Bahwa Kominfo mempercayakan Polsri untuk melatih tamatan/lulusan SMK terutama di bidang TIK, sebenarnya waktu itu kami menawarkan 5 tema. Dikurangi karena ya dari animo masyarakat juga makanya jadi 3 bidang tema yang disebutkan oleh pak Parulian tadi,” katanya.

    Selain itu, banyak lulusan/tamatan SMK ini banyak yang belum mengetahui manfaat dari pelatihan dari VSGA ini. “Banyak yang berpikir ini pelatihan biasa, padahal ini pelatihan ini sangat penting bagi mereka saat ingin melamar pekerjaan nanti,” ujarnya.

    “Setelah pelatihan ini,pada 2 September nanti akan dibuka platform pencarian kerja SI MONAS untuk program pasca pelatihan sertifikasi ini, mereka akan dipertemukan langsung dengan industri, Program DTS VSGA merupakan program prioritas nasional, “pungkasnya(hsb)

    sumber : penasumatera.co.id

    Berita Terkait

    Kemenkominfo Sampaikan Pesan Perdamaian Bermedia Sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menangkal konten negatif seperti hoax, Selengkapnya

    Menkominfo Dorong Pemanfaatan Kecerdasan Buatan untuk Layanan Pemerintahan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) dalam layanan publik p Selengkapnya

    Kominfo Siapkan 50 Ribu Beasiswa Bersertifikat Google

    Jumlah penerima Digital Talent Scholarship (DTS) akan bertambah di 2020. Kementerian Komuniasi dan Informasi (Kominfo) menyediakan sebanyak Selengkapnya

    Menkominfo Rudiantara Akui Terinspirasi Konsep Lompat Kodok BJ Habibie

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengakui bahwa konsep "lompat kodok" atau leapfrog yang dimiliki pemerintah saat Selengkapnya