FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2019

    1694

    Menkominfo: Indonesia dukung perlindungan bagi insan pers

    Kategori Sorotan Media | meit001

    London (ANTARA) - Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia menjamin kebebasan berpendapat di muka umum, termasuk memberikan ruang terhadap insan pers, kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di London, Rabu.

    Rudiantara yang didampingi Dubes Indonesia di Inggris Dr Rizal Sukma dan Staff Khusus Menteri Bidang Media dan Komunikasi Publik Kominfo, Deddy Hermawan mengatakan peran penting Indonesia dalam kemerdekaan pers.

    Kebebasan pers merupakan hak konstitusional dan perlindungan hukum yang diberikan negara kepada insan pers. Di Indonesia, hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers Pasal 4 ayat 1 yang berbunyi, kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara.

    Menteri Rudiantara menghadiri acara Global Conference on Media Freedom di Printworks, Surrey Quay Road, London yang pada 9-12 Juli mendatang.

    Menurut dia, Indonesia juga turut aktif dalam kampanye global untuk kebebasan media. Melalui konferensi tersebut, Inggris yang bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), meluncurkan Global Media Defence Fund (Dana Pertahanan Media Global) .

    Agenda ini penting, terutama untuk mengetahui seputar dinamika insan pers dalam tataran global, ujar menteri.

    Menteri Rudiantara menjelaskan dukungan penuh bagi kebebasan media serta para pekerja pers.

    Menurut dia, pemerintah dimanapun mesti memiliki komitmen memperjuangkan para jurnalis melalui dukungan terhadap akses layanan hukum serta berbagai pelatihan. “Indonesia mendukung upaya dunia internasional membangun jejaring bagi teman-teman jurnalis, mendukung jurnalisme warga  terrmasuk dalam mengatur konflik dan pascakonflik,” ujarnya.

    Sumber: AntaraNews.com

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA