FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 04-2018

    1457

    3 Cara Lepas dari Facebook ala Menkominfo

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan, terdapat dua masalah besar yang menimpa Facebook saat ini. Pertama, skandal penyalahgunaan data dan menjadi masalah bagi etnis Rohingya di Myanmar. 

    Untuk itu, dia memberikan tiga cara menjauhi masalah dari salah satu platform media sosial besar itu. 

    Puasa 

    Rudiantara menganjurkan hal ini beberapa kali, termasuk di akun Twitternya. Menurutnya, tidak ada yang salah untuk puasa sementara mengakses Facebook.

    "Puasa apa salahnya sih. Dan puasa kan bukan berarti berhenti, untuk sementara tidak. Kalau puasa dari Facebook kan masih ada media sosial lain. Lebih banyak sekarang, Instagram. Kenapa enggak pakai itu," ujarnya ditemui di Jakarta, Rabu 25 April 2018. 

    Hati-hati

     

    Anjuran puasa pada Facebook itu memang tak begitu disambut pengguna media sosial. Masih banyak orang yang tidak bisa putus dari Facebook. Alasannya bermacam-macam, selain kenyamanan, bagi pengguna Facebook, juga dijadikan ajang berjualan atau bertemu teman lama yang membuat makin sulit untuk melepaskan diri dari media sosial tersebut. 

    Rudiantara mengatakan, jika memang tak bisa lepas atau puasa Facebook, ya sebaiknya pengguna harus tetap berhati-hati pada data pribadi masing-masing.

    "Walaupun terpaksa hati-hati dengan data yang di-submit," ujarnya. 

    Pakai buatan Indonesia

    Rudiantara menganjurkan untuk berpindah ke media sosial atau aplikasi pesan instan lain, selain Facebook. Dia malah mengajak pengguna internet untuk memakai produk buatan lokal.

    "Apa salahnya sih pakai media sosial atau messenger dari Indonesia. Kali-kali dukung lah punya Indonesia," tutur Rudiantara.

    Sumber: msn.com

    Berita Terkait

    Percepat Transformasi Digital di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Kemkominfo

    Pemerintah mendorong adanya adaptasi kehidupan baru yang mengakselarasi transformasi digital di tengah pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Selengkapnya

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    Bangganya Maria Paskalia Jadi Menkominfo Sehari

    Seorang siswa SMA asal Nusa Tenggara Timur (NTT) Maria Paskalia Wulandike Making, mengungkapkan rasa bangganya karena 'didaulat' menjadi Men Selengkapnya

    Guru Besar UNS Dilantik Jadi Dirjen IKP Kemenkominfo

    Guru Besar Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosisial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Widodo Mukti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA