FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
15 03-2018

228

Layanan Cloud Data Center Percepat Bisnis Industri Digital

Kategori Berita Kementerian | srii003

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut baik beroperasinya pusat data (datacenter) pertama milik Alibaba di Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan pasar luas bagi industri digital dan akan makin berkembang cepat dengan keberadaan layanan pusat data berbasis cloud.  

"Saya menyambut baik Alibaba Cloud yang menjadikan Alibaba pemimpin baru dalam pusat data di Indonesia," katanya saat meresmikan operasional Data Center Alibaba Cloud, di Jakarta, Kamis (15/03/2018).

Menteri Kominfo menilai keberadaan pusat data itu akan membantu pelanggan di Indonesia dalam hal kecepatan akses data (low latency) serta memenuhi kewajiban menyimpan dan mengolah data di dalam negeri.

“Keberadaan data center ini bisa ikut membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan startup di Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan bisnis,” ungkapnya optimistis.

Menteri Rudiantara menyatakan Indonesia sangat terbuka dengan kehadiran perusahaan komputasi awan dari luar negeri yang ingin mengoperasikan data center di Indonesia. Tentunya dengan mematuhi aturan yang berlaku serta melibatkan talenta-talenta lokal.

"Boleh saja datang dan berbisnis di Indonesia, tapi harus taat membayar pajak dan sebagainya. Jangan lupakan juga kemampuan generasi muda Indonesia yang lebih baik dari pendahulunya. Mereka juga harus dikedepankan," harapnya.

Harapan Menteri Kominfo disambut oleh Alibaba Cloud dengan komitmen melibatkan sumberdaya manusia Indonesia. “Sehingga bisa membantu memberikan layanan dalam bahasa Indonesia dan menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata General Manager Alibaba Cloud untuk Asia Pasifik, Alex Li.

Alex menyebut Alibaba Cloud memiliki posisi unik dalam pemahaman budaya dan konteks wilayah. "Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki pemahaman budaya dan konteks wilayah, sehingga dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini," tambahnya.

Dalam acara itu, Alibaba Cloud mengumumkan Inkubasi Ekosistem Internet dalam Program Alibaba Cloud Certified Professional (ACP) ke Indonesia. Dalam setahun, program itu menargetkan  pelatihan 300 peserta dan memberikan sertifikasi kepada 100 orang ahli bidang cloud dari Indonesia,

“Program ini akan memberikan pembekalan ilmu seputar teknologi terbaik kepada pengusaha dan talent lokal, khususnya mengenai komputasi awan, big data, dan keamanan,” jelasnya. (SINA)

Berita Terkait

Perkuat Kapasitas Perempuan, Tingkatkan Literasi Hadapi Hoaks di Ranah Digital

"Ada fakta yang menarik, pengguna e-commerce Indonesia didominasi oleh perempuan. Mereka adalah perempuan yang produktif. Menjadi tantangan Selengkapnya

Menkominfo Tawarkan Kolaborasi Kreator Konten Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak kreator konten untuk berkolaborasi mengisi dunia digital dengan konten positif. "Di d Selengkapnya

Menkominfo: Sektor Layanan Tunjang Perekonomian Indonesia

“Ekonomi Indonesia berubah, dari ekonomi berbasis komoditas beralih pada ekonomi berbasis services,” kata Menteri Komunikasi dan Informa Selengkapnya

Registrasi Kartu Prabayar Bentuk Peradaban Dunia Digital

Program Registrasi Ulang Kartu Prabayar yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika dijelaskan Anggota Badan Regulasi Telekomunika Selengkapnya