FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 10-2023

    816

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan percepatan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. Sebagai Program Prioritas Nasional, hal itu dilaksanakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dengan melanjutkan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G, pemanfaatan jaringan kabel serat optik Palapa Ring, dan pengoperasian Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1.

    “Kami berkomitmen mempercepat penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi untuk mendukung transformasi digital Indonesia sesuai amanat  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” tandas Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar dalam Pertemuan dengan Pekerja Media di Kantor BAKTI Kementerian Kominfo, di Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

    Menurut Dirut BAKTI Kementerian Kominfo  capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya tambahan 626 lokasi yang sudah siap dan secara fisik sudah terbangun.

    “Akumulasi capaian tahap 1 dan 2 adalah 4.341 sudah on-air, dari total 5.618 BTS, dan terdapat 1.277 BTS yang belum on-air. BAKTI berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan BTS 4G di daerah 3T tahun ini,” jelasnya.

    Meski saat ini proyek BTS 4G BAKTI tengah berproses secara hukum, Dirut Fadhilah Mathar menyatakan Pembangunan Infrastruktur Menara BTS 4G harus terus berjalan dan diselesaikan demi terwujudnya transformasi digital Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya menerapkan perbaikan  tata kelola dengan menekankan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kepatuhan pada seluruh perundang-undangan.

    “Tentu kami menyiapkan perbaikan tata kelola BAKTI. Tata kelola ini kerangkanya ada tiga. Pertama adalah good governance, kemudian kepedulian kami terhadap risiko, dan yang terakhir terkait dengan compliance kami terhadap peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

    Mengenai Proyek Palapa Ring yang telah selesai dilaksanakan, Dirut BAKTI Kementerian Kominfo menjelaskan salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah pemerataan akses dan harga layanan internet cepat (broadband) di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. 

    “Proyek Palapa Ring merupakan proyek backbone infrastruktur telekomunikasi serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer yang menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,” tuturnya.

    Dirut Fadhilah Mathar juga menjelaskan perkembangan SATRIA-1 yang siap terhubung dengan Remote Terminal Ground Segment (RTGS) di 150 ribu titik layanan publik terutama yang berada di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

    “Kami harapkan sampai tahun 2025, seluruh desa berpemukiman di Indonesia itu sudah tercover teknologi seluler atau tersedia jaringan internet,” ungkapnya.

    Ke depan, Dirut BAKTI Kementerian Kominifo menegaskan akan terus meningkatkan penyelesaian program strategis Pemerintah. “Terutama yang menjadi wilayah layanan BAKTI adalah wilayah lokasi prioritas pembangunan yang saat ini memang dikategorikan untuk wilayah-wilayah yang tidak atau belum dibangun oleh pihak swasta,” tandasnya.

    Dalam acara itu Dirut BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar didampingi Direktur Infrastruktur, Danny Januar Ismawan; Plt. Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah, Bambang Noegroho; dan Plt. Direktur Sumber Daya dan Adminstrasi, Soedarmato. 

    Berita Terkait

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA