FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
12 11-2017

1051

Gandeng Startup Digital Kesehatan, Kominfo Meriahkan Pameran HKN 2017

Kategori Berita Kementerian | ivon001
Suasana di stand Kementerian Kominfo dalam Pameran HKN 2017 yang berlangsung pada 9 s.d. 11 November 2017 di JIexpo, Kemayoran, Jakarta.

Jakarta, Kominfo – Pemerintahan Presiden Joko Widodo mengambil langkah strategis dalam memastikan kualitas sumberdaya manusia. Bukan hanya membangun infrastruktur tapi juga membangun pendidikan dan kesehatan. Hal ini tercantum dalam Nawacita ke-7 sebagai agenda prioritas Presiden yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan lima startup digital sektor kesehatan mengisi stand Pameran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 dan Produksi Alat Kesehatan Dalam Negeri.
Adalah Halodoc, Pasienia, InsanMedika, Pijar dan Lemonilo turut meriahkan acara tahunan yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan.

Berbagai teknologi dan perangkat kesehatan dipamerkan dalam kegiatan yang berlangsung pada tanggal 9 s.d. 11 November 2017 di Hall C3 JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Kegiatan pameran bertujuan mengenalkan dan meningkatkan penggunaan alat kesehatan produksi dalam negeri. Tahun ini adalah tahun kedua, Kementerian Kominfo iikut berpartisipasi bersama startup digital bidang kesehatan.

Lima startup sektor kesehatan Halodoc, Insan Medika, Lemonilo, Pasienia dan Pijar Psikologi menghadirkan beragam solusi digital mulai dari konsultasi kesehatan fisik, penjualan obat secara online, layanan perawatan kesehatan di rumah, marketplace makanan sehat, media sosial dan edukasi untuk berbagi sesama pasien, hingga sarana edukasi online mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi.

Kehadiran startup digital sektor kesehatan diharapkan membuka peluang tumbuhnya solusi-solusi digital sekaligus mensosialisasikan industri digital sektor kesehatan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat luas guna mengembangkan ekosistem kesehatan yang baik dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada.

Adapun antusiasme dari para pengunjungbooth Kominfo sangat baik dan dibuktikan dengan bertambahnya jumlah kunjungan sekaligus meningkatnya jumlah pengguna (member) baru pada aplikasi startup kesehatan yang dihadirkan pada stand Kementerian Kominfo selama pameran ini berlangsung.

Pameran yang diresmikan Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek dan Menko Perekonomian Darmin Nasution diikuti lebih dari 150 peserta terdiri dari industri alat kesehatan, Perbekalan Kesehatan dan Rumah Tangga (PKRT), farmasi, obat tradisional, kosmetik serta makanan dan minuman.

Pameran ini juga dimeriahkan berbagai stand dari Kementerian Kesehatan maupun Kementerian dan Lembaga lain, instansi lain seperti Dinas Kesehatan Provinsi, Organisasi Profesi, Rumah Sakit, BUMN, serta berbagai asosiasi. Masing-masing booth memamerkan produk diantaranya adalah teknologi dan inovasi di bidang alat kesehatan dan sediaan farmasi serta berbagai produk kesehatan.

Tak kurang dalam sehari, dihadiri 1.500 orang dari perwakilan dari pemerintah pusat dan daerah, pihak swasta, serta masyarakat.

Pameran menyajikan pula produk inovasi peneliti yang dapat segera dimanfaatkan masyarakat. Hal itu, sejalan dengan kebijakan Kementerian Kesehatan untuk mendorong upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat.  Bahkan dalam pameran kali ini disediakan pula berbagai layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan menampilkan inovasi riset di bidang farmasi dan Alkes.(hm.im)

Berita Terkait

Ini Kata Pengusaha Startup Digital Soal NextICorn Digital Paradise Weekend

Lebih dari 108 startup Indonesia dan 125 pemodal ventura global bertemu di NextICorn International Convention “Digital Paradise Weekend” Selengkapnya

Ribuan Daftar Beasiswa Digital Talent, Kabalitbang SDM: Peluang Bentuk SDM Andal

Seminggu berjalan sejak pendaftaran Beasiswa Pelatihan Intensif Digital Talent Indonesia resmi dibuka Kementerian Komunikasi dan Informatika Selengkapnya

Bentuk SDM Andal Antisipasi Dinamika IoT, Kominfo Libatkan Stakeholders

Dinamika dan perkembangan tantangan era industrial internet of things (IoT) saat ini memerlukan solusi terbaik dan antisipasi berkelanjutan Selengkapnya

Turnamen Futsal Piala Bergilir Menkominfo Meriahkan Peringatan Hari Bhakti Postel ke-73

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama komunitas Pos Indonesia dan telekomunikasi menggelar Turnamen Futsal ke-11 memperebutkan pial Selengkapnya