FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 03-2017

    2949

    Kominfo Bangun Jaringan Penyebaran Informasi Bersama Jurnalis IORA

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika siap membangun jaringan penyebaran informasi melalui jurnalis dari negara-negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi - Indian Ocean Rim Association (KTT - IORA). "Kita akan membangun jaringan jurnalis anggota IORA untuk bertukar informasi maritim, budaya dan lain-lain," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti di Jakarta, Kamis (02/03/2017).

    Dalam KTT IORA, lanjut Niken, Kementerian Komunikasi dan Informatika bertanggung jawab dalam hal Hubungan Masyarakat (Humas) dan membangun pusat media (Media Center) bagi jurnalis yang akan meliput dalam dan luar negeri."Kita ke berbagai radio maupun tv untuk menyampaikan KTT IORA. Kita menyampaikan dari media sosial dan luar ruang," kata Niken.

    Berdasarkan data, hingga saat ini jurnalis yang terdaftar untuk meliput kegiatan KTT IORA sudah mencapai 209 yang berasal dari dalam dan luar negeri. Nantinya akan diberikan akses ke Media Center untuk meliput keseluruhan acara pada tanggal 5  s.d. 7 Maret 2017.

    KTT IORA juga dapat disaksikan secara live streaming melalui website iorasummit2017.id. Jadi negara lain dapat ikut menyaksikan perhelatan skala internasional yang melibatkan beberapa kepala negara.

    Dilansir dari website resmi Kemlu.go.id  Indonesia secara resmi memegang keketuaan IORA periode 2015 – 2017 dengan Afrika Selatan sebagai Wakil Ketua pada Pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke – 15 di Padang. Indonesia adalah satu-satunya ketua IORA yang menetapkan tema selama masa keketuaan, yaitu "Strengthening Maritime Cooperation in a Peaceful and Stable Indian Ocean".

    Gagasan dan prakarsa strategis Indonesia pada masa keketuaannya yang telah disetujui antara lain, membentuk IORA Concord sebagai outcome strategis 20 tahun IORA, dan penyelenggaraan KTT IORA (one-off) pada Maret 2017.

    Dalam kapasitasnya tersebut, Indonesia menetapkan prioritas untuk memperkuat regionalisme di kawasan Samudera Hindia melalui pembentukan IORA Concord, pengarusutamaan gagasan Poros Maritim Dunia, memajukan kerja sama IORA dan isu lintas sektoral dan melanjutkan penguatan institusi.

    Selama masa keketuaanya, Indonesia berkomitmen untuk mengadakan program kegiatan konkrit bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga RI terkait, yaitu: The 3rd Indian Ocean Dialogue, International Symposium IORA 20th Anniversary: Learning from Past and Charting the Future, IORA Business Innovation Center (BIC), IORA Guide for Investment, The 2nd Blue Economy Conference, Regional Workshop: Interseksi Kebudayaan dan Peradaban di Samudera Hindia, dan IORAG Cultural Expo.(YDR)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA