FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 01-2017

    3136

    Cyber Patrol Jadi Senjata Polri Tindak Tegas Situs Penyebar Hoax

    Kategori Sorotan Media | ester

    Jakarta - Polri terus menelusuri beberapa situs atau pihak yang menyebarkan berita hoax di internet. Tindakan tegas menanti bagi mereka yang terbukti melakukan hal tersebut.

     

    "Beberapa kasus kan kita terus telusuri. Yang terakhir berita hoax itu tentang isu 10 juta TKA ilegal, kasusnya sendiri masih dalam tahap penyelidikan. Memang kita sudah menemukan akun-akun yang meng-upload, kita juga terbentur masalah libur sehingga yang kita hubungi masih tidak di tempat. Artinya, kita akan melakukan tindakan tegas," ujar Kepala Bagian Mitra Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono kepada detikcom, Kamis (29/12/2016) malam.

     

    Cyber patrol dari kepolisian pun tetap dilakukan. Selain itu, Polri berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

     

    "Untuk kasus hate speech, kita harus tindak tegas. Dari kepolisian itu melakukan cyber patrol, kalau memang ada kasus yang perlu ditelusuri, atau misalnya terkait radikalisme, kita juga harus koordinasikan ke Kemenkominfo," imbuh Awi.

     

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelaku penyebaran ujaran kebencian dan berita palsu alias hoax ditindak tegas dan keras. Menko Polhukam Wiranto berharap masyarakat lebih selektif, baik dalam menerima maupun menyebarkan berita.

     

    "Namun di sisi lain, ada sesuatu yang cukup memprihatinkan, di mana kemajuan teknologi informasi ini kemudian disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk melakukan kegiatan berupa penyesatan, pengelabuan. Kemudian juga di sana ada ujaran-ujaran yang tidak tepat, ujaran-ujaran kepada orang lain yang bisa menimbulkan kebencian, dendam, ada fitnah di sana," kata Wiranto di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (29/12).

    (dkp/dhn)

     

    Sumber : https://news.detik.com/berita/3383947/cyber-patrol-jadi-senjata-polri-tindak-tegas-situs-penyebar-hoax

    Berita Terkait

    Kominfo Gelar Program Bangun Startup untuk Bantu Penanganan Corona

    Kementerian Komunikasi dan Informatika dan platform investasi dan inovasi TechStars bakal menggelar program membangun startup di enam sekto Selengkapnya

    Kominfo Imbau Penyelenggara Pos Antisipasi Penyebaran Virus Korona

    JAKARTA - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau ke Selengkapnya

    Sony Subrata Dukung Pemerintah Tegas terhadap Penyedia Medsos

    Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo meluncurkan buku berjudul Jagat Digital: Pembebasan dan Penguasaan pada Selasa 17 September 2019 di Wisma An Selengkapnya

    Saat Putusan Sidang Sengketa Pilpres, Kominfo Minta Masyarakat Tak Sebar Hoaks

    Kementerian Komunikasi dan Informasi meminta masyarakat tidak menyebarkan konten hoaks saat pengumuman hasil sidang sengketa Pilpres 2019 ol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA