FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 01-2017

    2890

    Ini Tips Menghindari Hoax dari Pimpinan Komisi I DPR

    Kategori Sorotan Media | ester

    Jakarta - Berita palsu yang bermunculan tak jarang membuat masyarakat bingung membedakan dengan yang fakta. Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafidz pernah menjadi korban fitnah berita hoax.

     

    "Saya juga pernah jadi korban berita hoax dulu, sewaktu awal mau nyaleg tahun 2008. Ada yang mengaku sebagai suami saya seperti itulah, tapi saat itu tidak saya gubris karena tidak sampai memecah belah," ungkap Meutya saat berbincang dengan detikcom, Jumat malam (30/12/2016).

     

    Maka itu dia tak ingin semakin banyak korban fitnah dari berita-berita hoax. Perlu ada regulasi yang tegas dari Kemkominfo, kata Meutya, agar penyebaran berita hoax bisa dikendalikan.

     

    "Regulasi bukan bermaksud mengecilkan kebebasan berpendapat," ujar Meutya.

     

    Meutya berpendapat, belum saatnya penegak hukum bertindak terhadap media penyebar berita palsu. Untuk saat ini, kata Meutya, cukup Kemkominfo yang melakukan penindakan dengan memblokir.

     

    Lalu bagaimana cara membedakan berita yang hoax dengan yang fakta?

     

    "Yang jelas, berita yang asli itu ada di situs berita terpercaya. Tapi sekarang kan situs berita juga banyak yang dipalsukan, namanya dimirip-miripkan. Tapi bisa dibedakan dengan cara melihat, apakah tulisan itu sebuah karya jurnalistik atau bukan," tutur dia.

     

    Lebih lanjut dia menyinggung tentang UU Pers No 40/1999. Media terpercaya akan mengacu pada undang-undang tersebut, ujar Meutya.

     

    "Apakah situsnya merupakan perusahaan pers atau bukan? Atau hanya dibuat oleh orang pribadi? Setelah itu dicari tahu apakah isinya meresahkan atau tidak? Kalau isinya meresahkan dan berbau SARA, sudah pasti (bukan media asli)," papar Meutya. 

    (bag/tor)

     

    Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3384926/ini-tips-menghindari-hoax-dari-pimpinan-komisi-i-dpr

    Berita Terkait

    Peringatan HAN 2020 Jadi Momentum Melindungi Anak dari Pandemi Covid-19

    Sejak pandemi virus corona Covid-19 melanda, hampir semua masyarakat merasakan dampaknya, tak terkecuali anak-anak. Mereka dihadapkan pada p Selengkapnya

    Pemerintah Lindungi Anak dari Paparan Konten Pornografi

    JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan edukasi dan literasi menjadi kunci penting untuk meningkatkan per Selengkapnya

    Tips Mudah Hemat Baterai Ponsel Saat Banjir

    Jakarta - Dalam kondisi terjadinya bencana, seperti salah satunya banjir pada saat ini, pasokan listrik akan sulit dan sangat terbatas. Bagi Selengkapnya

    Menkominfo: Indonesia lulus ujian dari gempuran informasi 2019

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bangsa Indonesia bisa dikatakan lulus ujian dari gempuran informas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA