FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 03-2024

    281

    Jaga Kondusifitas, Menko Polhukam Imbau Media Cegah Sebar Hoaks

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Jakarta Pusat, Kominfo – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto  mengimbau pekerja media agar dapat menyampaikan narasi yang baik dan menyejukkan.

    “Di samping itu juga mengajak rekan-rekan media untuk bersama-sama mencegah atau menangkal informasi palsu atau hoaks demi menjaga kondusivitas yang saat ini terus kita jaga,” ungkapnya dalam Konferensi Pers usai Rapat Koordinasi Pengamanan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Pascapemilu 2024 di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Selasa (19/03/2024).

    Menkopolhukam menyatakan Pemerintah terus berkoordinasi untuk melakukan langkah antisipasi pengamanan di bidang informasi dan komunikasi pasca pemungutan suara Pemilu 2024. Menurutnya, hal itu dilakukan agar informasi yang beredar tidak mengganggu kondisi saat ini yang cukup baik dan kondusif.

    “Kami tadi membahas terkait dengan isu-isu yang mengemuka, khususnya adalah perbincangan di ruang publik tentang pemilu dan pasca pemungutan suara. Saya menerima laporan dari berbagai pihak dalam rapat koordinasi ini langkah-langkah antisipasi dan langkah-langkah yang telah diambil. Langkah-langkah itu sudah dilakukan agar informasi yang beredar di media massa maupun media sosial tidak mengganggu kondisi dan kondusifitas yang ada saat ini,” tegasnya.

    Dalam rapat koordinasi tersebut hadir Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian, Kabareskrim Polri, Deputi Komunikasi dan Informasi BIN, Kapuspen TNI, Dansatintel Geospasika Bais TNI dan Perwakilan dari Sintel Mabes TNI.

    Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan telah menurunkan atau men-take down 1.971 konten hoaks terkait dengan Pemilu 2024. Data tersebut dihimpun pada 17 Juni 2023 hingga 18 Maret 2024.

    “Jumlah konten hoaks sebanyak 3.235 hoaks dimana 1.970 hoaks kita take down. Sisa kita stempel hoaks, karena isunya tidak masuk akal. Contohnya “Pak Hadi mau nyapres” kan ini hoaks, jadi distempel hoaks saja tidak di-take down,” jelasnya.

    Namun, Menteri Budi Arie menekankan situasi media sosial saat ini cukup kondusif dan aman. Menurutnya, isu-isu yang ada di media sosial masih dalam kondisi wajar dan Kementerian Kominfo senantiasa memantau agar tetap kondusif selama rangkaian Pemilu 2024 ini.

    Berita Terkait

    Berantas Judi Online, Menkopolhukam Tekankan Sinergi dan Kolaborasi

    Menkopolhukam satgas akan melanjutkan proses penegakan hukum dan pemblokiran rekening, serta mengungkap kasus-kasus hukum lain yang berkaita Selengkapnya

    Menko Polhukam: Berbeda di Pemilu Tak Harus Bermusuhan!

    Siapapun yang terpilih pada pemilu 2024, harus diterima sebagai konsekuensi dari kehidupan berkonstitusi. Selengkapnya

    Saat Presiden Mendadak Tinjau Media Center G20

    Tiba di BICC sekitar pukul 19.48 WITA, Presiden Jokowi langsung berjalan menuju Mangapura Hall. Tempat tersebut merupakan area kerja para ju Selengkapnya

    Buka Rakornas KPI, Menkopolhukam Berharap Banyak Kebijakan Penyiaran Dirumuskan

    Menkopolhukam menjelaskan transformasi penyiaran digital sudah berkembang pesat sejak 2010 dan salah satunya upaya pemerintah yakni mendoron Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA