FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 01-2024

    436

    Pengungsi Rohingya Rusak Rusun Jemundo, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar unggahan video di media sosial TikTok dan Facebook dengan informasi pengungsi Rohingya merusak rumah susun (rusun) Jemundo di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

    Konon, dalam konten itu ada narasi "PENGUNGSI ROHINGYA NGAMUK!! MASIH MAU DITAMPUNG?? Listrik Padam Pengungsi Rohingya Ngamuk di Rusun Sidoarjo".

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim itu ternyata keliru.  Fakta ini diperkuat dengan adanya laporan, dilansir dari cekfakta.tempo.co, perusakan tersebut tidak dilakukan oleh pengungsi Rohingya, melainkan pengungsi dari negara lain.

    Kepala Sub Ketertiban Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya Wahyu Tri Wibowo menyatakan selama ini pengungsi Rohingya cukup kooperatif dengan Pemerintah Indonesia.

    Adapun perusakan itu sendiri disebabkan pemadaman listrik yang dilakukan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak 8 Desember 2023 lalu.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (01/01/2024):

    1. [HOAKS] Pj. Gubernur Jateng di Barisan TKN Prabowo - Gibran
    2. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj. Bupati Bogor
    3. [HOAKS] Pengungsi Rohingya Rusak Rusun Jemundo di Sidoarjo

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA