FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 02-2024

    318

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi tangkapan layar dari artikel The People's Voice. Konon, artikel itu mengklaim bahwa negara Thailand telah memberikan peringatan akan bahaya vaksinasi Covid-19, yaitu kanker dan tumor otak.

    Bahkan, dalam salah satu bagian unggahan terdapat narasi "Thailand Mengeluarkan Peringatan Bahwa Vaksinasi COVID Menyebabkan Kanker dan Tumor Otak" disertai tautan dari laman The People's Voice.

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Hasil identifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan dari kompas.com, laman The People's Voice memiliki rekam jejak sebagai penyebar disinformasi di media sosial. Laman tersebut memiliki kredibilitas yang rendah dan bias terhadap satu sisi.

    Sementara itu, uji klinis serta kajian dari vaksinasi Covid-19 telah disetujui oleh World Health Organization (WHO) dan tidak menunjukkan adanya risiko kanker dan tumor otak. Sampai saat ini, tidak ditemukan pemberitaan kredibel terkait negara Thailand memberikan peringatan akan bahaya vaksinasi Covid-19, yaitu kanker dan tumor otak.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Rabu (14/02/2024):

    1. [HOAKS] Thailand Peringatkan Vaksinasi Covid-19 Sebabkan Kanker dan Tumor Otak
    2. [HOAKS] Program Pinjaman Dana yang Mencatut Nama Menhan Prabowo Subianto

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Anak Tak Divaksin Bebas Infeksi Telinga, Itu Hoaks!

    Ternyata klaim itu keliru dan berpotensi menyesatkan. Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas? Itu Hoaks!

    Konon, konten itu disertai narasi "Wadoooh malah membanggakan AstraZeneca. Yg di Inggris sana , HANYA disuntikan di usia 30 th ke atas. Tapi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA