FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2023

    375

    Wapres Harapkan Arsitektur Pendidikan Cetak SDM Terampil

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Bandung, Kominfo – Peran institusi perguruan tinggi di tengah masyarakat global terus mengalami perubahan seiring waktu. Kini, dengan kian pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai literatur mencatat bahwa transformasi peran maupun strategi perguruan tinggi adalah keniscayaan.

    “Arsitektur pendidikan mesti didorong untuk mampu mencetak SDM dengan keahlian dan keterampilan masa depan, sehingga generasi demi generasi mampu memainkan peran signifikan dalam menata peradaban dunia bagi kemaslahatan umat manusia,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menyampaikan Orasi Ilmiah pada Sidang Senat Terbuka Universitas Islam Nusantara (UNINUS) di Aula UNINUS, Jl. Soekarno Hatta No. 530, Sekejati, Kec. Buah Batu, Kota Bandung, pada Kamis (16/11/2023).

    Lebih jauh Wapres berpesan agar perguruan tinggi tidak saja menjadi tempat mengasah ilmu pengetahuan, tetapi juga institusi kunci yang berperan konkret dalam membangun akhlak, budaya, dan kesejahteraan masyarakat.

    “Tugas utama perguruan tinggi bukan hanya menghasilkan lulusan sebanyak-banyaknya lulusan, namun juga mencetak alumni yang berkualitas dan berakhlak, alumni yang mampu berkontribusi besar sesuai dengan tuntutan dunia industri dan perkembangan zaman,” tegasnya.

    Terlebih, lanjut Wapres, Indonesia tengah mempersiapkan diri menyambut peluang dan tantangan pada Indonesia Emas 2045. Bangsa Indonesia harus bergegas mengerahkan segala potensi demografi, yakni jumlah angkatan kerja yang tinggi dan memiliki kecakapan digital.

    “Tanpa upaya besar semua komponen bangsa, kita akan melewatkan peluang meraih Indonesia Emas,” kata Wapres mengingatkan.

    Oleh sebab itu, Wapres menekankan, perguruan tinggi perlu membangun strategi yang relevan dengan tantangan ke depan, seperti pembaruan kurikulum dan metode pembelajaran inovatif, pemberdayaan mahasiswa dalam program magang dan proyek inovatif, termasuk pelibatan ikatan alumni.

    Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Pengurus Yayasan UNINUS Bandung, K.H. Hasan Nuri Hidayatullah meminta para wisudawan untuk berkontribusi aktif bagi masyarakat usai prosesi formal ini.

    “Jadilah manusia yang sebaik-baiknya manusia dengan karya dan kiprah yang bermanfaat untuk orang banyak. Karena lulusan yang menebar manfaat akan mengharumkan almamaternya,” pesannya.

    Dalam acara ini, Wapres didampingi oleh Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukjak Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah. 

    Berita Terkait

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Presiden Tegaskan Potensi Demografi dan Tantangan Indonesia

    Menurut Presiden, Indonesia memiliki kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena 68 persen penduduknya berada dalam rentang usia p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA