FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 04-2024

    234

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Mengawali Perayaan Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Jakarta, Rabu (10/04/2024).

    Mengenakan baju koko putih dipadu jas hitam dan sarung motif warna hitam kehijauan, Wapres dan Ibu Wury beranjak dari kediaman resminya ke Masjid Istiqlal pada pukul 06.30 WIB.

    Setibanya di Istiqlal sekitar pukul 06.40 WIB, Wapres langsung disambut oleh Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar.

    Tak lama berselang, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga hadir di lokasi. Secara bersamaan, Presiden dan Wapres menuju ruang salat utama diiringi Imam Besar Masjid Istiqlal. Sementara Ibu Iriana dan Ibu Wury menuju tempat salat jemaah putri.

    Sebelum pelaksanaan salat Idulfitri, Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya.

    Tepat pukul 07.00 WIB, Salat Idulfitri secara berjemaah pun dimulai yang dipimpin Imam Rawatib Masjid Istiqlal H. Ahmad Husni Ismail, M.Ag. Usai melaksanakan Salat Idulfitri, Wapres turut mendengarkan Khutbah Idulfitri yang disampaikan oleh Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. K.H. Abd A’la Basyir. Adapun tema yang diangkat adalah “Memperkuat Kebersamaan Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

    Setelah rangkaian ibadah salat Idulfitri usai, Presiden dan Wapres meninggalkan masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

    Sebelumnya, pada kesempatan terpisah, Wapres menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 H kepada seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan. Ia mengajak kepada seluruh umat muslim, untuk terus membawa semangat Ramadan pada bulan-bulan berikutnya dengan selalu menjaga semangat mengasihi dan murah hati terhadap sesama dan lingkungan.

    “Pada hari yang fitri ini, saya mengajak kita semua untuk terus menghidupkan spirit Ramadan dalam diri dan kehidupan kita. Yaitu semangat hidup yang penuh kasih dan murah hati, baik kepada sesama umat manusia, maupun dengan lingkungan,” ungkap Wapres dalam tayangan video, Selasa (09/04/2024).

    Di samping itu, Wapres juga mengharapkan, selain mempertahankan semangat Ramadan, umat Islam harus terus menjaga semangat berubah ke arah yang lebih baik.

    “Nyalakan juga semangat untuk terus berubah, terus berkontribusi menciptakan perbaikan-perbaikan yang akan mendorong kemajuan,” pintanya.

    Selain Presiden dan Wapres, tampak sejumlah tokoh yang turut melaksanakan salat Idulfitri di masjid Istiqlal di antaranya Mendagri Tito Karnavian, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Menpora Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menpan RB Azwar Anas, Ketua LPMQ, Ketua Bawaslu, Ketua BPJPH Kementerian Agama, Ketua PPATK, Kepala BASARNAS, Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto, serta beberapa Duta Besar (Dubes) Negara Sahabat seperti Dubes Mesir, Dubes Jordania, Dubes Aljazair, Dubes Bangladesh, dan Dubes Afghanistan.

    Usai melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Wapres dan Ibu Wury kemabli ke rumah dinasnya untuk kemudian persiapan beranjak ke Istana Negara untuk melakukan halalbihalal dan silaturahmi dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 08.45 WIB.

    Setelah itu, Wapres dan Ibu Wury kembali ke kediaman resminya untuk berhalalbihalal dan bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan perangkat melekat.

    Selanjutnya, Wapres dan Ibu Wury juga akan menerima para Pimpinan Lembaga Negara, Duta Besar/Korps Diplomatik Negara Sahabat, Menteri, Gubernur, dan Kepala LPNK yang diagendakan hadir ke kediaman dinasnya untuk halalbihalal dan silaturahmi.

    Sementara pada siang harinya, usai menunaikan ibadah Salat Dzuhur, Wapres ditemani Ibu Wury akan menuju ke Tanara, Banten, untuk berhalalbihalal dan bersilaturahmi dengan keluarga besar di tanah kelahirannya. 

    Berita Terkait

    Wapres Gelar Halalbihalal Idulfitri 1445 H di Kediaman Resmi

    Usai bersalaman dengan Wapres dan Ibu Wury, keluarga, kerabat, dan perangkat yang hadir pada kesempatan ini dipersilahkan menikmati jamuan y Selengkapnya

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Tunaikan Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

    Pelaksanaan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Bertindak sebagai imam dalam pelaksanaan salat H.A. Husni Selengkapnya

    Rayakan Idul Fitri 1445 H, Wapres Ajak Umat Islam Jaga Spirit Kasih dan Murah Hati

    Selain mempertahankan semangat Ramadan, Wapres mengajak umat Islam juga harus terus menjaga semangat berubah ke arah yang lebih baik. Selengkapnya

    Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Sampaikan Ucapan Selamat Idulfitri 1445H

    Presiden berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA