FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 11-2023

    304

    Awas Hoaks! Elderberry Gantikan Vaksin Influenza

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten berupa gambar berisi informasi perbandingan antara suntikan vaksin influenza dengan manfaat dari buah elderberry. Konon diceritakan suntikan vaksin influenza mengandung aluminium, efektivitas rendah, dan tidak membantu gejala flu. Sedangkan buah elderberry dapat mengurangi gejala flu dalam 4 hari.

    Hasil penelusuran TIM AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, manfaat buah elderberry gantikan vaksin influenza yang telah mengandung aluminium adalah keliru. Dilansir dari turnbackhoax.id, yang jmengutip dari Agence France-Presse, dari 10 vaksin influenza yang disahkan tidak ada satu pun yang mengandung aluminium.

    Anggota Komite Penasihat Nasional Imunisasi Kanada, Ian Gemmill mengatakan meskipun beberapa jenis vaksin influenza mengandung thimerosal yang merupakan turunan merkuri yang digunakan dalam botol multidosis untuk mengawetkan vaksin. Dosis thimerosal yang terkandung tersebut sangat kecil dan tidak terbukti dapat berbahaya.

    Sementara itu, mengenai kandungan formaldehida, Profesor Fakultas Kesehatan Masyarakat Dalla Lana, Universitas Toronto, Natasha Crowcroft menyebut kandungan tersebut sangat kecil, bahkan lebih sedikit dari buah pir yang mengandung formaldehida 50 kali lebih banyak, sehingga kandungan formaldehida dalam vaksin influenza tidak berbahaya.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi  Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (10/11/2023):

    1. [HOAKS] Presiden Joko Widodo Menjenguk Jessica Wongso di Penjara
    2. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Dr. Reisa Broto Asmoro
    3. [HOAKS] Bayi Laki-laki Berusia Lima Bulan Mengalami Kehamilan di Provinsi Sumatera Barat
    4. [HOAKS] Buah Elderberry dapat Menggantikan Vaksin Influenza yang Mengandung Aluminium, Merkuri, dan Formaldehida

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Lowongan Pekerjaan Online!

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA