FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 09-2023

    382

    Presiden RI Joko Widodo Sambut Geliat Ekonomi di Perbatasan Indonesia-PNG

    Kategori Rilis Media GPR | Viska
    Perdana Menteri Papua Nugini James Marape berjalan setibanya di Terminal VVIP Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (6/9/2023). - (ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Muhammad Adimaja/foc.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT KE-43 ASEAN 2023

    No.112/SP/TKM-ASEAN2023/INA/9/2023

     

    Presiden RI Joko Widodo Sambut Geliat Ekonomi di Perbatasan Indonesia-PNG

    Jakarta, 7 September 2023 – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik geliat perekonomian di perbatasan negara Indonesia-Papua Nugini (PNG) seiring dibukanya perbatasan Skouw-Wutung dan penerbangan langsung dari Denpasar ke Port Moresby, Ibu Kota PNG.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG), James Marape, di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (7/9/2023). 

    Pertemuan digelar di sela-sela pelaksanaan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang pada Kamis (7/9/2023) menjadi hari terakhir sejak dibuka pada 5 September 2023.

    Presiden menegaskan bahwa hubungan ekonomi tersebut adalah penghargaan atas dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia. Dukungan itu ditunjukkan juga pada saat KTT Melanesian Spearhead Group (MSG) yang digelar di Port Vila, Vanuatu, 23-24 Agustus 2023 lalu.

    “Saya sangat hargai dukungan Papua Nugini terhadap kedaulatan dan integritas Indonesia, termasuk yang ditunjukkan pada KTT MSG bulan lalu,” ujar Presiden Jokowi.

    Sementara PM Marape dalam sambutannya turut menyampaikan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam keketuaan dan penyelenggaraan KTT ASEAN. PM Marape juga menyatakan dukungannya terhadap Indonesia sebagai tetangga dekat PNG.

    “Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan pertemuan ASEAN yang Anda selenggarakan. Sebelumnya APEC dan G20, sekarang ASEAN, Papua Nugini mendukung Anda. Sangat bangga dengan tetangga terdekat kita,” ujar PM Marape.

    Pada hari terakhir KTT ke-43 ASEAN, Presiden Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres.

    Kemudian dengan PM Australia Anthony Albanese. Menjelang sore, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida.

    ***

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Dapatkan informasi lainnya di  http://asean2023.id, https://infopublik.id/kategori/asean-2023, dan https://indonesia.go.id/kategori/ragam-asean-2023

    Berita Terkait

    Pengembangan Ekonomi Biru di Pulau Seribu Jadi Contoh Baik Indonesia pada KTT AIS 2023

    Konsep ekonomi biru di Jakarta saat ini sangat mendesak untuk diimplementasikan guna menjaga lingkungan serta memajukan pemberdayaan masyara Selengkapnya

    AIPF Koneksikan Sektor Swasta dan Sektor Publik di Kawasan Indo-Pasifik ASEAN

    Mengusung tajuk “Implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific”, AIPF termasuk acara unggulan di KTT kali ini. Presiden Joko Widodo (Jo Selengkapnya

    Presiden RI Pimpin 12 Sidang di KTT ke-43 ASEAN

    Pertemuan tersebut terdiri dari 12 sidang KTT akan dipimpin langsung oleh Presiden. Selebihnya, Presiden akan melakukan 13 pertemuan bilater Selengkapnya

    Presiden RI Dorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Inklusif Berkelanjutan

    Presiden pun menekankan agar ke depan IMT-GT semakin mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan guna menghadap Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA