FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 07-2023

    462

    Perkuat Sportivitas Lewat Pornas XVI Korpri 2023

    Kategori Berita Pemerintahan | Erbi

    Semarang, Kominfo - Korps Pegawai Republik Indonesia menggelar Pekan Olah Raga Nasional XVI Korpri 2023. Ajang kompetisi untuk aparatur sipil negara itu akan mempertandingkan 10 cabang olahraga.

    Ketua Dewan Pimpinan Nasional Korpri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan Pornas XVI Korpri 2023 merupakan momentum untuk menerapkan sportivitas dan menjaga netralitas ASN di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

    “Pekan Olahraga Nasional merupakan ajang silaturahmi, saling menjaga dan saling mengingatkan satu sama lain sebagai Aparatur Sipil Negara. Untuk itu peserta Pornas perlu menjaga sportivitas,” tandasnya dalam sambutan Malam Gala Dinner Pornas XVI Korpri 2023, di Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/07/2023).

    Pornas Korpri merupakan event olahraga dua tahunan. Pada tahun 2021, acara Pornas ditiadakan karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, pada  Tahun 2017 di Yogyakarta, kemudian tahun 2019 di Bangka Belitung dan tahun 2023 di Semarang. Zudan Arif Fakrulloh mengharapkan kontingen yang mengikuti PORNAS bisa menjaga kesehatan dan mengukur kemampuan diri dalam mengikuti pertandingan sepanjang acara PORNAS berlangsung.

    "Mahkota olahraga adalah sportivitas dan di atas mahkota itu ada pucuknya yaitu keselamatan jiwa. Oleh karena itu dengan berbalutkan sportivitas, masing-masing jaga keselamatan jiwanya, karena ada balap sepeda, ada futsal, ada tenis lapangan yang itu cukup menguras energii. Apapun kita semuanya berangkat dalam keadaan selamat dan pulang juga dalam keadaan selamat," tuturnya.

    Jaga Netralitas

    Ketua DPN Korpri mengingatkan ASN di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah  selalu menjaga netralitas, apalagi menjelang dan sepanjang tahun politik 2024.  

    "Dan tolong sebarluaskan bahwa kita semua terus bersepakat menjaga NKRI menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi sebentar lagi kita mulai memasuki tahun politik. ASN harus hati-hati dan selalu waspada dalam bermedia sosial. Kalau ada yang di FB, nggak usah di-like, nggak usah dikomen di Instagram juga begitu, biarkan foto-foto gambar-gambar itu lewat saja. Nanti baru di kotak suara kita melakukan pencoblosan memilih sesuai dengan keyakinan kita," jelasnya.

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengapresiasi terpilihnya Semarang sebagai tuan rumah Pornas XVI Korpri 2023. Menurutnya, hal itu akan menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 

    "Karena banyak yang berkunjung di Jawa Tengah tentu saja ini adalah bagian dari kita untuk meningkatkan perputaran ekonomi dan juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

     Sekda Provinsi Jawa Tengah mengharapkan penyelenggaraan Pornas Korpri berjalan dengan lancar. Selain itu, Sumarno mengharapkan agar dapat meningkatkan kebersamaan. 

    “Korpri merupakan contoh bagi masyarakat. Dan tentu saja bahwa PORNAS KORPRI ini tadi yang utama adalah menjalin kebersamaan. Sehingga karena kita sebagai KORPRI itu adalah pemersatu bangsa, jadi nanti kalau berkompetisi itu yang diutamakan adalah sportivitasnya,” ungkapnya.

    Acara Gala Dinner PORNAS XVI KORPRI itu dimeriahkan oleh tarian khas Semarang yakni Trian Denok Deblong, Tarian Batik dan Grup Band, Bank Jateng Band. Selain itu para tamu undangan juga disuguhi anekah masakan khas Jawa Tengah. 

    Dalam cara itu, hadir Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto, Kabiro Kepegawaian Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi, Kabiro Humas Kementerian Kominfo Rhina Anita, dan Ketua Kontingen Kementerian Kominfo Dimas Yanuarsyah. 

    Tampak hadir pula Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, pejabat Provinsi Jawa Tengah, serta delegasi dan kontingen dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

    Berita Terkait

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Perkuat Startup Indonesia, Pemerintah Gandeng Korsel

    Kerja sama ini juga mencakup penyelenggaraan acara dari kedua negara dengan tujuan peningkatan investasi, perluasan pasar, dan kolaborasi ya Selengkapnya

    Jaring Inovasi UMKM Lewat Pameran AKI 2023

    Pada program ini pelaku ekraf terpilih akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam boothcamp dan kesempatan untuk memamerkan produk. Selengkapnya

    Perkuat Kebangkitan Pariwisata Lewat Peningkatan Inklusi Keuangan Desa Wisata

    Akses masyarakat desa wisata terhadap sektor keuangan semakin terbuka lebar berkat kolaborasi dari semua pihak. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA