FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 06-2023

    769

    Jaring Inovasi UMKM Lewat Pameran AKI 2023

    Kategori Berita Pemerintahan | Irso

    Jakarta Selatan, Kominfo - Pemerintah mengapresiasi inovasi produk yang dihadirkan para pelaku UMKM dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang disebutnya sebagai produk yang berkualitas dan berdaya saing. 

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan produk-produk kreatif yang dihadirkan dalam pameran UMKM Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 sepenuhnya dilandaskan pada semangat inovasi, adaptasi dan kolaborasi. 

    "Hari ini back to back AKI dilakukan di dua kota, yakni Pangkal Pinang dan Jakarta. Produk-produknya keren dan siap menjadi produk lokal yang mendunia," ujarnya saat hadir di pameran UMKM AKI 2023 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (03/06/2023) malam.

    Salah satunya adalah Matahati, produk kriya yang memanfaatkan limbah dari bonggol jagung. Dengan kreativitas juga inovasi yang tinggi, pelaku ekonomi kreatif berhasil mengubahnya menjadi produk kriya berkualitas tinggi yang mengedepankan konsep berkelanjutan. 

    Hal inilah yang diharapkan dapat ditingkatkan oleh para pelaku ekraf melalui AKI yang merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

    Pada program ini pelaku ekraf terpilih akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam boothcamp dan kesempatan untuk memamerkan produk.  Pameran UMKM AKI di Jakarta sendiri berlangsung mulai 1 hingga 4 Juni 2023. 

    "Kita lihat bagaimana para pelaku ekraf sudah menggeliat sekali usahanya untuk jadi lokomotif dalam pemulihan ekonomi pascapandemi," kata Sandiaga. 

    Juga yang tak kalah penting adalah program AKI disebutnya mampu menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif sehingga berdampak maksimal dalam pencapaian target 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024. 

    "AKI adalah wadah untuk mereka naik kelas dan berkolaborasi," ujar Sandiaga. 

    Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; serta Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Kuliner, Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu.

    Berita Terkait

    Transparansi Aset Kripto Lewat SE Bappebti Nomor 47/2024

    Upaya terus dilakukan agar ekosistem berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan dapat mendorong transaksi Selengkapnya

    Dorong Aktivasi Gim Nasional Lewat Partisipasi dalam India Gaming Show 2024

    Jadi salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Selengkapnya

    Kesuksesan Indonesia Kembali Pimpin Dunia

    Kembalinya Indonesia sebagai pemimpin dunia merupakan bukti bahwa Indonesia telah menjadi negara yang kuat dan berwibawa. Indonesia telah me Selengkapnya

    Apresiasi Kriya dan Wastra Nusantara Lewat Pameran Asta Karya Nusa

    Pameran hasil kerja sama Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian dan Derkranas itu merupakan upaya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA