FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 06-2023

    344

    Siapkan Talenta Digital Kompeten, Kominfo Gelar Pelatihan dan Sertifikasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Cirebon, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus menyiapkan talenta digital kompeten. Melalui Program Digital Talent Scholarship 2023, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo menggelar pelatihan dan sertifikasi dalam Vocational School Graduate Academy (VSGA).

    Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris menyatakan Junior Graphic Designer menjadi tema pelatihan dan sertifikasi agar talenta digital makin kompeten.

    "Sekarang ini graphic designer merupakan profesi yang masih sangat dibutuhkan di industri sehingga pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang desain grafis relevan untuk dilaksanakan," ungkapnya dalam Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Junior Graphic Designer di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (19/06/2023).

    Hedi M. Idris menyatakan sertifikasi memiliki arti penting sebagai bukti kompetensi sumberdaya manusia.

    "Jika dianalogikan, produk memiliki standar nasional yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI) sementara kompetensi juga memiliki standar nasional yaitu Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)," tuturnya.

    Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa. Ma’ruf, mewakili Pemerintah Kota Cirebon, menyambut baik kegiatan pelatihan dan seritifikasi.

    "Kami berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin di Kota Cirebon karena pengembangan generasi muda digital, tengah menjadi perhatian Pemerintah Kota Cirebon," tandasnya.

    Pelatihan Junior Graphic Designer ditujukan sebagai penyegaran materi pembelajaran yang pernah diperoleh peserta selama mengikuti pendidikan formal vokasi, agar siap dalam menghadapi uji kompetensi.

    Pelatihan diikuti 100 peserta terpilih dari wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya yang telah terseleksi secara ketat dari total 208 orang pendaftar.  Seusai Pembukaan, seluruh peserta mengikuti pelatihan yang dibagi ke dalam 3 kelas dan masing-masing dibimbing oleh dua orang pengajar yang berasal dari kalangan akademisi dan pakar industri di bidang desain grafis.

    Selesai pelatihan, peserta akan mengikuti sertifikasi kompetensi dengan asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh BNSP. Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini dibiayai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai bentuk beasiswa bagi talenta digital.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA