FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 02-2023

    957

    Vaksin Covid-19 Picu Pembekuan Darah? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan di media sosial berupa foto seorang wanita bernama Claire Bridges dengan kedua kaki yang baru saja diamputasi. Konon, amputasi itu terjadi karena mengalami pembekuan darah akibat efek samping vaksin Covid-19.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa informasi tersebut adalah disinformasi. Sesuai fakta dari reuters.com, Claire Bridges dilahirkan dengan “stenosis katup aorta”. Stenosis katup aorta atau stenosis aorta adalah suatu kondisi yang mengurangi atau menghalangi aliran dari jantung ke aorta dan bagian tubuh lainnya. Namun, setelah tertular Covid-19, kondisi Bridges menjadi memburuk. Bridges mengalami rhabdomyolysis yang digambarkan sebagai efek samping atau komplikasi dari Covid-19.

    Rhabdomyolysis sendiri dapat berasal dari trauma langsung pada otot atau paparan panas. Kasus individu di mana infeksi virus, termasuk flu atau Covid-19, diikuti oleh rhabdomyolysis juga sudah pernah ditemukan dan didokumentasikan. Jadi, kondisi buruk yang dialami Bridges bukan akibat efek dari vaksin Covid-19, melainkan akibat dari infeksi Covid-19.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi, dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (11/02/2023):

    Berita Terkait

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Peringatan Thailand Soal Vaksin Covid-19 Picu Kanker dan Tumor Otak? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar itu tidak benar. Selengkapnya

    Vaksin Covid-19 AstraZeneca Hanya untuk Usia 30 Tahun ke Atas? Itu Hoaks!

    Konon, konten itu disertai narasi "Wadoooh malah membanggakan AstraZeneca. Yg di Inggris sana , HANYA disuntikan di usia 30 th ke atas. Tapi Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA