FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 04-2022

    1253

    Tahap I ASO, Kominfo dan Penyelenggara Mux Siapkan 3,2 Juta STB Gratis

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Dalam tahap pertama program Analog Switch Off (ASO), Kementerian Komunikasi dan Informatika dan penyelenggara multipleksing (mux) menyiapkan 3,2 juta Set Top Box (STB) gratis untuk rumah tangga miskin. 

    Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang menyatakan dari total 3.202.503 unit kebutuhan STB untuk RTM ASO Tahap I, pemerintah menyediakan 87.310 unit.

    “Yang disediakan oleh lembaga penyiaran swasta, penyelenggaraan multiplexing sebanyak 3.115.193 unit dan pemerintah sebanyak 87.310 unit,” jelasnya dalam kegiatan Seremonial dan Bimbingan Teknis Pendistribusian Bantuan STB untuk ASO tahap pertama Kota Tegal, yang berlangsung virtual dari Jakarta Pusat, Senin (18/04/2022).

    Menurut Stafsus Philip Gobang, Menkominfo Johnny G. Plate telah menunjuk PT. Pos Indonesia sebagai mitra pelaksana pendistribusian bantuan STB dari pemerintah untuk diserahkan kepada rumah tangga miskin yang telah terdaftar.

    Stafsus Menkominfo Philip Gobang berharap, pendistribusian bantuan STB tahap pertama dapat dirasakan dan digunakan oleh rumah tangga miskin yang membutuhkan.  “Dan pada akhirnya, akses informasi dan edukasi dapat terus terjaga selama Analog Switch Off berlangsung,” ungkapnya.

    Menurut Stafsus Philip Gobang, masyarakat di wilayah layanan siaran yang masuk dalam tahap pertama terlebih dahulu bersiap memasuki dunia baru ASO atau siaran TV digital sejak hari ini.

    “Karena dengan demikian, kita bersama-sama membantu pemerintah, seluruh pihak, bahkan seluruh pemangku kepentingan untuk menyukseskan Analog Switch Off sebagai salah satu program yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” tandasnya.

    Tiga Tahapan ASO

    Sebagai tindak lanjut dari amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja sektor Postelsiar, Menkominfo Johnny G. Plate telah membagi pelaksanaan Analog Switch Fff dalam tiga tahap. 

    “Tahap pertama paling lambat pada 30 April 2022 di 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota, tahap kedua paling lambat pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan siaran meliputi 110 kabupaten dan kota, dan tahap ketiga atau yang terakhir paling lambat pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan siaran yang meliputi 65 kabupaten dan kota,” jelas Stafsus Philip Gobang.

    Stafsus Philip Gobang menjelaskan dari tiga tahapan ASO, terdapat total 112 wilayah layanan siaran dan 341 kabupaten/kota yang akan terdampak oleh implementasi program tersebut. 

    “Dari total 225 wilayah layanan siaran dan 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia, terdapat 113 wilayah siaran dan 173 kabupaten/kota yang tidak tercakup ASO,” jelasnya. 

    Menurut Stafsus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, total 225 wilayah layanan siaran inilah yang kemudian akan menjadi sasaran dari Digital Broadcasting  System (DBS).

    “Sehingga kalau kita lihat tahap pertama pada 30 April yang akan datang, maka berarti tinggal 12 hari lagi kita akan memasuki tahap pertama ASO,” tuturnya.

    Kementerian Kominfo akan terus berupaya mendorong lembaga penyiaran multipleksing sebagai mitra untuk terus meningkatkan kualitas siaran digital. Selain itu, sosialisasi kepada para pemirsa atau masyarakat di seluruh tanah air untuk segera beralih ke siaran digital secara mandiri juga secara masif dilakukan. 

    “Pemerintah tentu sangat mengapresiasi semua pemangku kepentingan dan berbagai pihak yang telah ikut membantu terselenggaranya bantuan Analog Switch Off tahap pertama ini, agar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Philip Gobang.

    Dalam acara yang dibuka Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono itu hadir pula Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Marvels Situmorang;  Ketua KPID Jawa Tengah, Muhammad Aulia Assyahiddin;  Pengurus Gabungan Pengusaha Elektronik, Joegianto; dan VP Account Management and Corporate Marketing Pos Indonesia, Fajar Kurnianto.

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Adaptasi Dinamika Teknologi, Kominfo Ubah Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Jastel

    Dalam Perdirjen yang ditandatangani pada tanggal 14 November 2023 itu terdapat pengaturan mengenai bentuk layanan, konfigurasi, perangkat da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA