FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 01-2014

    8219

    Kemenkominfo Fasilitasi Call Center dan SMS Gateway Dalam Penanggulangan Bencana

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemenkominfo Fasilitasi Call Center dan SMS Gateway Dalam Penanggulangan BencanaJakarta, Kominfo – Dengan tersedianya Call center melalui nomor tiga angka dan SMS Gateway melalui nomor empat angka untuk BNPB dari hasil kerjasama dengan Kementerian Kominfo, diharapkan publik semakin sadar dan berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana.

    “Tersedianya nomor call center dengan  nomor tiga angka dan SMS gateway dengan nomor empat angka, akan membantu pelayanan informasi dan komunikasi public terkait info bencana dan kesiapsiagaan,” ujar Kepala Pusat data,  Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Rabu (29/1).

    Menurut  Sutopo,  selama ini BNPB masih menggunakan nomor PSTN atau telpon biasa yang jumlah nomornya enam angka, sehingga sulit untuk disosialisasikan kepada publik.

    Menanggapi permintaan BNPB, pihak Direktorat Telekomunikasi,Ditjen PPI telah menyediakan sms gateway dengan nomor 4747, namun masih diperlukan koordinasi teknis terkait system dan perangkat serta kerjasama teknis dengan operator telekomunikasi yang perlu dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama antara BNPB dan para operator telekomunikasi.

    Ketersediaan nomor call center bagi BNPB untuk diajukan kepada pihak Direktorat Telekomunikasi dengan pilihan nomor diantaranya adalah 191, 171, dan 141.

    Direktorat Telekomunikasi khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal (TPPKU, memberuikan masukan kepada BNPB terkait dengan penggunaan perangkat dan frekuensi radio  yang digunakan BNPB dan relawan tanggap darurat bencana di berbagai daerah, yeang belum memenuhi standar keamanan perangkat dan perizinan frekuensi radio agar segera dikoordinasikan dengan Balai Monitoring, Loka atau Pos Monitoring setempat yang berada di bawah koordinasi Direktorat Pengendalian Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo.

    Sementara itu, Direktorat Telekomunikasi menilai bahwa BNPB  belum optimal serta belum memiliki konsep dan tata kelola di bidang perangkat, system operasi dan aplikasi, sumber daya manusia dan penganggaran.  (Rmg

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Siapkan Media Center Layani Jurnalis Peliput AIS Forum 2023 Bali

    Kementerian Kominfo sudah punya standar untuk memfasilitasi jurnalis dalam event nasional maupun internasional, Selengkapnya

    Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM dari 15 Kawasan Prioritas

    Kementerian Kominfo akan mendampingi secara intensif 100 pelaku UMKM yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produk. Selengkapnya

    Kominfo Latih 100 Guru dan Tendik Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis

    Pelatihan itu merupakan kerja sama Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia & Penelitian Balitbang SDM Kementerian Kominfo Medan dengan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA