FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 05-2021

    435

    Ibaratkan Rumus Telekomunikasi, Sekjen: Silaturahmi Punya Efek Eksponensial

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dalam Halal Bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Halal Bihalal secara tatap muka terbatas dan virtual. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan esensi dasar silaturahmi lewat Halal Bihalal memiliki efek eksponensial layaknya dampak kehadiran teknologi telekomunikasi digital.

    “Halal Bihalal mengajak kita untuk saling memaafkan sambil bersilaturahmi.  Menariknya, silaturahmi dapat dikatakan sebagai rumus dasar dari jaringan telekomunikasi yang juga relevan untuk platform digital,” tuturnya dalam Halal Bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021).

    Sekjen Mira mengibaratkan silaturahmi seperti penerapan Hukum Metcalfe dalam pemanfaatan jaringan telekomunikasi. Mengutip artikel yang mengupas keterkaitan isu silaturahmi dengan Hukum Metcalfe, Sekjen Kementerian Kominfo menjelaskan nilai dari suatu jaringan telekomunikasi akan tumbuh secara eksponensial. 

    “Tepatnya akan tumbuh sebesar kuadrat dari jumlah pengguna yang terhubung ke dalam jaringan tersebut sehingga semakin banyak penggunanya akan semakin tinggi nilai jaringan tersebut,” jelasnya.

    Sekjen Mira memaparkan teori yang diperkenalkan oleh Robert Metcalfe itu sering disebut dengan network effect yang menjadi komponen esensial dari bisnis digital, karena diperkirakan menyumbang 70% dari nilai perusahaan digital.  

    “Begitu pula dengan menyambung silaturahmi yang merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam. Dalam hadits Bukhari dijelaskan bahwa barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung tali silaturahmi,” jelasnya.

    Sekjen Kementerian Kominfo menegaskan sebagai makhluk sosial, melalui silaturahmi setiap manusia akan mendapatkan banyak manfaat memperkuat tali persahabatan. “Meningkatkan empati menghilangkan rasa egois dan meningkatkan persaudaraan terkait dengan hal ini,” tandasnya.

    Dalam laporan kepada Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Sekjen Mira mengingatkan kepada seluruh sivitas Kementerian Kominfo mengenai tugas mulia untuk memastikan tersedianya konektivitas digital secara merata di seluruh Indonesia.

    “Ini tugas mulia karena saat ini terutama di tengah masa pandemi konektivitas digital menjadi bagi terlaksananya silaturahmi. Semoga kita semua keluarga besar Kementerian kominfo di bawah arahan Bapak menteri diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas mulia tersebut,” ujarnya.

    Dalam kesempatan itu, Sekjen Mira juga menyampaikan selamat Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah. “Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Mohon maaf atas semua khilaf dan salah kami,” ungkapnya.

    Halal Bihalal Lebaran Digital Keren berlangsung secara hibrida. Menkominfo Johnny G. Plate bersama pejabat pimpinan tinggi madya bertatap muka langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sementara secara virtual hadir Ketua Dewan Pers M. Nuh, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Agung Suprio, dan Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J Kede, serta 1.000 sivitas Kementerian Kominfo lewat aplikasi temu daring zoom, dan lebih dari 500 orang menyaksikan lewat YouTube KemkominfoTV. (hm.ys)

     

    Halal Bihalal Sekjen Kominfo 2

    Halal Bihalal Sekjen Kominfo 3

    Berita Terkait

    Pandemi Dorong Sektor Telekomunikasi Adaptif Hadirkan Layanan Berkualitas

    Pandemi Covid-19 menjadi peluang bagi sektor telekomunikasi untuk beradaptasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan menyiapkan layanan Selengkapnya

    Pulihkan Konektivitas Telekomunikasi Kota Ilaga, BAKTI Kominfo Siapkan Teknologi Pengganti

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya menyiapkan teknologi pengganti agar layanan telekomunikasi di Kota Ilaga Kabupaten Puncak Pa Selengkapnya

    Industri Telekomunikasi Butuh Pengendali Frekuensi Radio Andal

    Industri telekomunikasi Indonesia membutuhkan Pengendali Frekuensi Radio (PFR) andal, memiliki skill yang mampu mengikuti perkembangan tekno Selengkapnya

    Pemerataan Telekomunikasi, Kunci Akselerasi Transformasi Digital Indonesia

    Pemerataan jaringan telekomunikasi menjadi kunci penting digitalisasi nasional. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan P Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA