FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 04-2021

    1645

    Siapkan Cadangan Komunikasi Radio Nasional, Kominfo Gelar UNAR di Kepulaiuan Sangihe

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Kepulauan Sangihe, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dan talkshow radio di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kawasan yang terdiri dari 105 pulau dan rawan bencana itu menjadi perhatian agar bisa meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, khususnya dalam cadangan komunikasi radio nasional.

    Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Hermanto menyatakan pelaksanaan kegiatan itu merupakan rangkaian Safari Ramadhan ke Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

    “Kabupaten Kepulauan Sangihe terdiri 105 pulau, berada di jalur gempa teraktif di dunia, karena berada pada Cincin Api Pasifik. Kondisi geografis ini menjadikannya wilayah rawan bencana letusan gunung api, gempa bumi, dan tsunami. Oleh karena itu, amatir radio harus hadir memberikan manfaat bagi masyarakat. Amatir siap membantu pemerintah dalam situasi bencana alam,” katanya di Kepulauan Sangihe, Kamis (29/04/2021).

    Menurut Kepala Balmon Manado, cadangan komunikasi radio nasional sewaktu-waktu dapat digunakan dan dimaksimalkan oleh negara, terlebih pada saat terjadi bencana alam.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan UNAR dengan metode computer assisted test (CAT) ini dirangkai dengan talkshow di LPP RRI Tahuna dengan Tema Layanan Amatir Radio dan Kesiapsiagaan Amatir Radio dalam Menghadapi Bencana Alam. Rangkaian Safari Ramadhan tersebut berlangsung 28 dan 29 April 2021.

    Melalui UNAR CAT, kata Hermanto, penyelenggaraan ujian sudah sangat cepat dan transparan. Peserta dapat secara langsung mengetahui hasilnya. Kemudian, di hari yang sama, peserta yang lulus juga sudah bisa mendapatkan Izin Amatir Radio (IAR). Segala layanan yang diselenggarakan oleh Balai Monitor Manado tidak dipungut biaya.

    Kegiatan diikuti oleh 22 peserta, terdiri 17 Siaga (YD), satu Penggalang (YC) dan empat Penegak (YB). Lulus dalam ujian 17 peserta, sedangkan lima lainnya tidak lulus karena tidak hadir mengikuti ujian. Tercatat satu peserta ujian baru berumur sembilan tahun atas nama Olivia Margareth Ivana Dumalang.

    Menutup rangkaian Safari Ramadhan, kegiatan Talkshow di LPP RRI Tahuna menghadirkan narasumber Kabid Data,Logistik dan Peralatan BPBD Kepulauan Sangihe Kristianus K Sasube, Ketua ORARI Lokal Kepulauan Sangihe Ferdy P Sinedu, PIC Layanan Amatir Radio Balai Monitor Manado Noipsel Dalawo, dan juga Kepala Balmon Mando Hermanto.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA