FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 03-2024

    563

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Bandung, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan atas kontirbusi kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota serta pemangku kepentingan dalam komunikasi publik pemerintah melalui jaringan Kominfo Newsroom.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan, Anugerah Media Center (AMC) Tahun 2024 menunjukkan semangat kolaborasi dan sinergi Government Public Relations (GPR) atau kehumasan pemerintah di tingkat pusat maupun daerah.

    “Pada AMC 2024 penghargaan diberikan kepada kementerian, lembaga, dan daerah yang tidak hanya berkontribusi ke portal infopublik tetapi lebih luas lagi terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan komunikasi publik melalui jaringan Kominfo News Room seperti GPR TV,  FMB9, Indonesia Baik, GPR News, Indonesia.go.id dan beberapa kanal lainnya,” jelasnya dalam Acara Puncak AMC 2024 di Kota Bandung, Selasa (05/03/2024).

    Melalui penghargaan ini, Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Media Ditjen IKP Kementerian Kominfo.

    “Kominfo News Room merasa perlu memberikan apresiasi kepada para melalui gelaran AMC yang telah dilakukan sejak 2015. AMC diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pengelola kanal informasi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk terus berkontribusi dalam komunikasi publik pemerintah,” tuturnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menyatakan pembangunan jejaring yang terintegrasi melalui kanal dan platform media yang tergabung dalam Kominfo Newsroom merupakan upaya memenuhi kebutuhan Informasi publik. Hal itu sejalan dengan komitmen Kementerian Kominfo menyajikan informasi berimbang, mencerahkan, mencerdaskan, mendidik dan membangun semangat nasionalisme. 

    “Kata kuncinya adalah kolaborasi dan sinergi, dua hal ini yang kami yakini menjadi kekuatan diseminasi informasi secara luas hingga pelosok yang pada akhirnya masyarakat mendapatkan informasi yang mencerahkan, mencerdaskan, bahkan menginspirasi untuk bersama-sama membangun bangsa,” jelasnya.

    Dirjen Usman Kansong mengisahkan awal pebgembangan jaringan Kominfo Newsroom sebagai sarana pertukaran informasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam satu kanal pemberitaan Info Publik. Sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo juga mendukung pembangunan 150 media center yang tersebar di berbagai daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. 

    “Pada perkembangannya, jaringan ini kemudian bertransformasi dalam perannya tidak lagi sekadar menyuplai konten informasi tetapi sekaligus membuka jaringan lebih luas untuk berkolaborasi dan berkontribusi membangun komunikasi publik di tengah masyarakat yang plural,” tuturnya.

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo merinci dari 150 media center itu sebanyak 15 media center di provinsi, 105 kabupaten dan 28 kota. 

    “Sementara kontribusi berita di kanal Info Publik kurang lebih sekitar 8.000 berita dan 3.000 foto setiap bulannya,” ujarnya. 

    Saat ini, Kominfo Newsroom mengembangkan jangkauan dengan menjalin kemitraan dengan kementerian, lembaga, dan media center yang melekat pada pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Menurut Dirjen Usman Kansong, upaya itu menjadi bagian dari proses kerja di Kominfo Newsroom yang meliputi pengelolaan kanal atau media, produksi konten, diseminasi serta kolaborasi dan sinergi.

    “Kami merasa perlu makin meluaskan jejaring Kominfo News Room dengan kemudian menggaet kementerian dan lembaga khususnya untuk produksi bersama konten-konten positif untuk dikonsumsi masyarakat,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA