FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 04-2021

    275

    Bantuan Ramadhan Kemenag? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Sebuah surat yang diklaim dari Kementerian Agama ditujukan kepada pimpinan lembaga pendidikan Islam swasta beredar di dunia maya.

    Konon, dalam surat itu penerima bantuan tersebut harus mengirimkan beberapa dokumen seperti Identitas Pemilik Lembaga Pendidikan, juga buku rekening bank dan juga izin operasional lembaga.

    Surat tersebut dikabarkan merupakan Surat Pemberitahuan Bantuan Program Ramadhan Anggaran 2021 sebesar Rp10.000.000,oo dengan mengatasnamakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menelaah kebenaran informasi itu menemukan fakta bahwa surat tersebut adalah palsu dan bukan resmi dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Pada media sosial milik Dit PD Pontren menjelaskan bahwa informasi perihal Program Bantuan Tahun Anggaran 2021 akan disampaikan secara resmi melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, website https://ditpdpontren.kemenag.go.id/, dan kanal media sosial resmi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (24/04/2021):

    [DISINFORMASI] Pembegalan Sepeda Motor di Jalan Cendrawasih Palangka Raya

    [HOAKS] Surat Bantuan Ramadhan Mengatasnamakan Dit PD Pontren Kemenag RI

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf

    Berita Terkait

    Ada Uang Baru Pecahan 1.0 Senilai Rp1 Juta? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa klaim itu salah. Selengkapnya

    Ada Pembegalan di Kediri, Jawa Timur? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari faktualnews.co. Klarifikasi dari Kapolsek Ngancar AKP Selengkapnya

    Info Rekrutmen SDM PKH 2021 Kemsos? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa informasi itu tidak benar alias hoaks. Selengkapnya

    Hirup Cuka Dapat Obati Covid-19? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari dari AFP. Menurut Dokter penyakit menular di Rumah Sak Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA