FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 04-2021

    912

    Bantuan Ramadhan Kemenag? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Sebuah surat yang diklaim dari Kementerian Agama ditujukan kepada pimpinan lembaga pendidikan Islam swasta beredar di dunia maya.

    Konon, dalam surat itu penerima bantuan tersebut harus mengirimkan beberapa dokumen seperti Identitas Pemilik Lembaga Pendidikan, juga buku rekening bank dan juga izin operasional lembaga.

    Surat tersebut dikabarkan merupakan Surat Pemberitahuan Bantuan Program Ramadhan Anggaran 2021 sebesar Rp10.000.000,oo dengan mengatasnamakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menelaah kebenaran informasi itu menemukan fakta bahwa surat tersebut adalah palsu dan bukan resmi dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Pada media sosial milik Dit PD Pontren menjelaskan bahwa informasi perihal Program Bantuan Tahun Anggaran 2021 akan disampaikan secara resmi melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, website https://ditpdpontren.kemenag.go.id/, dan kanal media sosial resmi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Sabtu (24/04/2021):

    [DISINFORMASI] Pembegalan Sepeda Motor di Jalan Cendrawasih Palangka Raya

    [HOAKS] Surat Bantuan Ramadhan Mengatasnamakan Dit PD Pontren Kemenag RI

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA