FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 12-2020

    561

    Indonesia Pertahankan Gelar Winner ASEAN Quiz 2020 Regional Level

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Siswa SMA Labschool Jakarta yang mewakili Tim Indonesia pada ASEAN Quiz ke 9 tahun 2020 level Regional secara virtual di Singapura yang menjuarai peringkat 1 dan mempertahankan gelar juara - (SMA Labschool Jakarta)

    Jakarta, Kominfo – Perwakilan Indonesia menjadi juara bertahan dalam ASEAN Quiz 2020: Regional Level.  Dalam kompetisi tahunan di bawah kerangka kerjasama ASEAN Committee for Culture and Information (COCI) Sub-Committee on Information (SCI) yang berlangsung virtual itu, Indonesia mempertahankan gelar juara yang juga direbut tahun sebelumnya.

    Menurut Koordinator Koordinator Kelembagaan Regional Pusat Kerjasama Internasional Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sofi Soeria Atmadja, prestasi membanggakan ini membuat Indonesia bisa mepertahankan gelar Winner.

    “Dengan demikian maka Indonesia menjadi juara ASEAN Quiz Regional Level selama 2 (dua) tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2019 dan 2020,” ungkapnya usai pelaksanaan ASEAN Quiz 2020: Regional Level secara birtual dari Jakarta, Kamis (17/12/2020).

    Koordinator Kelembagaan Regional menyatakaan ASEAN Quiz: Regional Level digelar untuk membangkitkan semangat kompetisi di kalangan pemuda ASEAN pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

    “Kuis diberikan berkaitan dengan pemahaman dan perkembangan politik, ekonomi, budaya, ekonomi, dan sosial di kawasan ASEAN. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Singapura sebagai proponent country ASEAN Quiz: Regional Level 2020,” jelasnya.

    Tahun ini, ASEAN Quiz 2020: Regional Level diikuti oleh 9 (sembilan) tim, yaitu 1 (satu) tim perwakilan dari masing-masing negara anggota ASEAN (Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam).

    “Pada ASEAN Quiz 2020: Regional Level kali ini Filipina tidak mengirimkan tim perwakilan. Setiap tim terdiri dari 3 (tiga) siswa,1 (satu) guru pendamping,” jelasnya.

    Menurut Sofi Soeria Atmadja, Indonesia diwakili oleh 3 (tiga) siswa dari SMA Lab School Jakarta. “Perwakilan itu memenangkan ASEAN Quiz: National Level yang telah diselenggarakan pada tanggal 16 November 2020 lalu,” ujarnya.

    Perwakilan Indonesia antara lain Arkan Alexel Andei, Mahawikan Akmal Danishara, dan

    Mohammad Abyan Rasyad dengan guru pendamping Ahmad Sandi Nurmansyah.

    Kompetisi berlangsung dalam 3 (tiga) babak dengan masing – masing nilai yang diperoleh yaitu; i) 100 poin babak kesatu, ii) 200 poin babak kedua, dan iii) 300 poin babak terakhir.

    Setiap babak terdiri dari 20 (dua puluh) pertanyaan yang terdiri dari 5 (lima) kategori, yaitu:  ASEAN Political-Security Community; Economic Community; Socio-Cultural Community; ASEAN in General dan ASEAN in Logos.

    Kompetisi yang berlangsung melalui Aplikasi Zoom Meeting itu menampilkan pertanyaan di layar Zoom dan setiap tim harus menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 10 (sepuluh) detik setelah pertanyaan dibaca.

    “Score dapat dipantau secara real time melalui leader board yang dapat diakses di https://keepthescore.co/board/izhkwtynjfr/, sehingga kompetisi berlangsung secara transparan dan fair,” jelas Koordinator Kelembagaan Regional, Sofi.

    Secara lengkap urutan pemenang ASEAN Quiz: Regional Level 2020, yaitu: Juara 1 (Winner) adalah Indonesia dengan total nilai 1,900 (Seribu Sembilan Ratus) berhak mendapatkan hadiah sebesar USD 1,500. Juara 2 (1st Runner-up) adalah Singapura dengan total nilai 1,800 (Seribu Delapan Ratus) dengan hadiah USD 1,200. Juara 3 (2nd Runner-up) adalah Brunei Darussalam dengan total nilai 900 (Sembilan Ratus) dengan hadiah : USD 900.

    Berita Terkait

    Dua Pekan, Gelaran MOTS PPS Bitung Terbitkan 212 ISR

    Hingga pekan kedua Desember 2020, Loket Layanan Maritime on the Spot (MOTS) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung telah menerbitkan 212 Selengkapnya

    Menkominfo: Pemerintah Siapkan Peta Jalan Penerapan Teknologi 5G

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan Pemerintah saat ini tengah menyusun roadmap (peta jalan) Penerapan teknologi j Selengkapnya

    Percepat Transformasi Digital, Pemerintah Targetkan 4G Merata Akhir 2022

    Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digitalisasi dan SDM, Dedy Permadi mengatakan pemerintah menargetkan seluruh wilayah Selengkapnya

    Dirjen Aptika: Peretasan dan Serangan Siber Fenomena Global

    Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan peretasan akun atau ser Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA