FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2020

    393

    Targetkan 4G Merata Tahun 2022, Kominfo Implementasikan 5G Tepat Waktu

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail, menjelaskan implementasi teknologi 5G dimulai ketika akses jaringan 4G telah menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia yang ditargetkan tahun 2022 .

    Menurut Dirjen Ismail, teknologi 5G merupakan salah salah satu rangkaian dari enhancement teknologi yang sudah ada saat ini.

    “Kita sekarang sudah sampai pada penghujung untuk menuntaskan jaringan 4G di seluruh Indonesia, ditargetkan sampai dengan akhir tahun 2022 seluruh desa terhubung dengan jaringan 4G, itu target kita,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/09/2020). 

    Sembari menuntaskan 4G di tahun 2022, menurut Dirjen SDPPI, Indonesia juga mengawali implementasi 5G, terutama untuk kebutuhan yang mendapatkan aplikasi yang bermanfaat untuk 5G. Namun Dirjen SDPPI menilai pemerintah tidak ingin membangun 5G secara tidak tepat waktu. 

    “Jadi kecepatan itu juga gak lebih bagus tapi tepat waktu. Terlambat gak bagus, cepat gak bagus. Jadi harus in time, harus tepat waktunya,” jelasnya.

    Menurut Dirjen SDPPI Ismail, implementasi dilaksanakan ketika semua ekosistem 5G  siap. Pemerintah, menurutnya tidak ingin operator seluler membangun jaringan dengan mengeluarkan pos biaya yang sangat besar tapi pemanfaatannya belum siap.

    "Belum menghasilkan produktifitas nasional yang baik, belum bisa menghasilkan return of investment (pengembalian investasi dengan cepat). Jadi kita sedang bekerja keras mempersiapkan beberapa prasyarat agar implementasi 5G itu bisa terasa dan manfaatnya langsung terasa,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Kominfo: Implementasi 5G Jawab Kebutuhan Masyarakat

    Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail berharap implementasi 5G dapa Selengkapnya

    Percepat Digitalisasi Daerah, Kominfo Perkuat Infrastruktur TIK

    Guna menghubungkan jaringan interkonektivitas antar wilayah di tingkat kabupaten dan kota, Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan Selengkapnya

    Gandeng ITS untuk DTS 2021, Kominfo: Siapkan SDM dengan Pelatihan dan Sertifikasi

    Guna meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Badan Penelitian dan Pengemb Selengkapnya

    "Kado" HPN 2021, Pemerintah Siapkan 5 Ribu Vaksin untuk Wartawan

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan lima ribu vaksin yang akan diberikan kepada awak media menjadi kado di Hari P Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA