FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2020

    78

    Targetkan 4G Merata Tahun 2022, Kominfo Implementasikan 5G Tepat Waktu

    Kategori Berita Kementerian | Irso

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail, menjelaskan implementasi teknologi 5G dimulai ketika akses jaringan 4G telah menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia yang ditargetkan tahun 2022 .

    Menurut Dirjen Ismail, teknologi 5G merupakan salah salah satu rangkaian dari enhancement teknologi yang sudah ada saat ini.

    “Kita sekarang sudah sampai pada penghujung untuk menuntaskan jaringan 4G di seluruh Indonesia, ditargetkan sampai dengan akhir tahun 2022 seluruh desa terhubung dengan jaringan 4G, itu target kita,” ujarnya di Jakarta, Senin (28/09/2020). 

    Sembari menuntaskan 4G di tahun 2022, menurut Dirjen SDPPI, Indonesia juga mengawali implementasi 5G, terutama untuk kebutuhan yang mendapatkan aplikasi yang bermanfaat untuk 5G. Namun Dirjen SDPPI menilai pemerintah tidak ingin membangun 5G secara tidak tepat waktu. 

    “Jadi kecepatan itu juga gak lebih bagus tapi tepat waktu. Terlambat gak bagus, cepat gak bagus. Jadi harus in time, harus tepat waktunya,” jelasnya.

    Menurut Dirjen SDPPI Ismail, implementasi dilaksanakan ketika semua ekosistem 5G  siap. Pemerintah, menurutnya tidak ingin operator seluler membangun jaringan dengan mengeluarkan pos biaya yang sangat besar tapi pemanfaatannya belum siap.

    "Belum menghasilkan produktifitas nasional yang baik, belum bisa menghasilkan return of investment (pengembalian investasi dengan cepat). Jadi kita sedang bekerja keras mempersiapkan beberapa prasyarat agar implementasi 5G itu bisa terasa dan manfaatnya langsung terasa,” jelasnya.

    Berita Terkait

    Dorong Warga Jadi Wirausaha, Kominfo Gelar Pelatihan DEA

    Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pengembangan kewirausahaan berbasis digital guna mend Selengkapnya

    Terapkan Sistem Merit KASN, Kominfo Rebut Predikat Baik

    Kementerian Komunikasi dan Informatika merebut predikat baik dalam penerapan sistem merit. Tujuan penerapan sistem merit adalah untuk memast Selengkapnya

    Waspada Hoaks dan Provokasi, Masyarakat Bisa Tanya Kementerian Sektor

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan tidak semua informasi terkait Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (UU Ciptak Selengkapnya

    Lewat Ngorbit, Kominfo Jelaskan Stimulus Pelatihan Daring

    Guna memberikan pembekalan, pemahaman, serta meningkatkan motivasi, dan semangat bagi 4.000 lebih peserta untuk mengikuti pelatihan DTS 2020 Selengkapnya